Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia memperkenalkan visa emas untuk menarik investor asing

Indonesia memperkenalkan visa emas untuk menarik investor asing

Indonesia meluncurkan program Golden Visa untuk menarik investor korporasi dan individu asing. Skema ini menawarkan izin tinggal selama lima hingga 10 tahun, tergantung pada nilai investasi mereka.


Indonesia memperkenalkan skema ‘Golden Visa’ untuk menarik investor asing individu dan korporasi yang berkualitas dan bernilai tinggi. Berdasarkan skema visa baru ini, investor asing dapat memperoleh izin tinggal selama lima hingga 10 tahun tergantung pada nilai investasi mereka.

Investor perorangan harus mendirikan perusahaan Indonesia senilai US$2,5 juta untuk mendapatkan visa lima tahun atau berinvestasi US$5 juta untuk visa 10 tahun. Selain itu, individu yang tidak ingin mendirikan perusahaan lokal dapat berinvestasi setidaknya US$350.000 pada saham perusahaan publik lokal, rekening deposito atau tabungan atau obligasi pemerintah Indonesia, atau US$700.000 untuk jangka waktu 10 tahun, agar memenuhi syarat untuk mendapatkan visa lima tahun.

Sementara itu, direktur dan komisaris suatu perusahaan dapat memperoleh visa lima tahun jika perusahaannya berinvestasi minimal US$25 juta atau US$50 juta untuk visa 10 tahun.

Indonesia menghadapi persaingan ketat dari negara-negara tetangganya untuk menarik orang-orang kaya

Indonesia menghadapi persaingan ketat dari negara-negara tetangganya di Asia Tenggara dalam menarik orang-orang kaya. Banyak dari pesaing regional ini telah unggul dalam beberapa hal.

Thailand

Thailand mengumumkan berbagai hal Insentif Hal ini bertujuan untuk menarik pensiunan, investor, dan profesional asing pada tahun 2022.

Pelamar yang memenuhi syarat dapat memperoleh visa penduduk jangka panjang 10 tahun untuk tinggal di Thailand. Kandidat yang memenuhi syarat juga akan diberikan izin kerja otomatis. Ini adalah jenis visa baru yang sebelumnya tidak tersedia di Thailand.

Selain itu, pelamar yang memenuhi syarat dapat menikmati tarif pajak penghasilan yang sama dengan warga negara Thailand dan pengecualian pajak atas penghasilan yang diperoleh di luar negeri. Pelamar yang memenuhi syarat juga menikmati pembatasan yang lebih longgar terhadap kepemilikan asing dan sewa tanah dan properti.

READ  Kao luncurkan data center Indonesia, STT masuk ke GDC Malaysia

Insentif ini terbuka bagi warga negara kaya di dunia dengan pendapatan minimal US$80.000 dan aset minimal US$1 juta, pensiunan kaya dengan dana pensiun tetap minimal US$40.000 per tahun, dan mereka yang berusia 50 tahun ke atas serta profesional berketerampilan tinggi. Minimal US$80.000 selama dua tahun atau US$40.000 per tahun di industri yang ditargetkan seperti infrastruktur atau sistem digital.

Sejak diluncurkan pada September 2022 hingga Juni 2023, program ini telah menerima 4.200 aplikasi yang menargetkan 1 juta orang asing selama lima tahun ke depan.

Malaysia

dari Malaysia Skema Visa Premium (PVIP) diperkenalkan pada tahun 2022, bagi orang asing kaya untuk berinvestasi dan tinggal hingga 20 tahun. Selain itu, pemegang visa ini dapat mempelajari dan membeli real estate perumahan atau komersial.

Ada beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi kandidat untuk lolos PVIP. Ini adalah sebagai berikut:

  1. Buka rekening deposito tetap senilai 1 juta ringgit (US$227.180) di bank Malaysia yang berlisensi. Penarikan tidak diperbolehkan pada tahun pertama, namun hingga 50 persen dapat ditarik setelah tahun pertama untuk real estate, biaya pengobatan atau pendidikan.
  2. Pemohon harus memiliki pendapatan luar negeri sebesar 40,000 Ringgit (US$9,086) per bulan atau 480,000 Ringgit (US$109,000) per tahun.
  3. Membayar 200.000 ringgit (US$45.434) untuk pemohon utama dan 100.000 ringgit (US$22.713) untuk setiap tanggungan.
  4. Semua permohonan harus dilakukan melalui lembaga resmi yang ditunjuk oleh Departemen Imigrasi Malaysia.

Namun, skema visa saat ini sedang ditinjau oleh pemerintah dan hanya menerima 28 permohonan. Biaya pendaftarannya sangat rendah (5.000 ringgit (US$1.074) dan 2.500 ringgit (US$537) per tanggungan) karena mirip dengan program visa lainnya, program Malaysia My Second Home.

READ  Indonesia akan ditetapkan sebagai pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2024

Malaysia juga pertama kali memperkenalkan wilayah tersebut Visa Pengembara Digital Pada tahun 2022. Bernama De Randau, program ini menyambut pemasar digital, profesional TI, dan pembuat konten untuk masa tinggal hingga 12 bulan. Pemerintah berharap proyek ini akan menjadikan Malaysia sebagai pusat digital nomaden di wilayah tersebut, sekaligus meningkatkan adopsi digital di seluruh negeri.

Pekerja lepas digital atau kontraktor independen harus menunjukkan kontrak proyek aktif dengan durasi lebih dari tiga bulan. Bentuknya bisa berupa beberapa kontrak, dan kliennya bisa berupa perusahaan asing atau Malaysia.

Pekerja jarak jauh harus menunjukkan kontrak kerja aktif yang masa kontraknya lebih dari tiga bulan. Majikannya bisa orang asing atau berbasis di Malaysia. Digital nomad asing harus memiliki pendapatan tahunan lebih dari US$24.000, sedangkan digital nomad lokal harus memiliki pendapatan tahunan lebih dari 36.000 ringgit (US$7.863).

Menurut De Rantau, pemerintah menargetkan 80.000 digital nomad pada tahun 2025.

Singapura

Program Investor Global Singapura diperkenalkan pada tahun 2004 dan telah mengalami beberapa perubahan. Skema ini merupakan salah satu cara pilihan bagi investor asing dan keluarganya untuk mendapatkan status penduduk tetap di Singapura.

Dewan Pembangunan Ekonomi (EDB), yang menjalankan skema tersebut, telah mengumumkan Persyaratan baru Kandidat yang memenuhi syarat.

Mulai Maret 2023, pemerintah telah meningkatkan kriteria kelayakan investasi skema GIP, yaitu kini:

  1. Investasi minimal S$10 juta (US$7,4 juta) pada bisnis baru atau yang sudah ada di Singapura;
  2. menginvestasikan S$25 juta (US$18,5 juta) pada dana GIP yang terdaftar di EDB yang berinvestasi di bisnis Singapura; Atau
  3. Mendirikan kantor keluarga yang berbasis di Singapura dengan aset yang dikelola minimal S$200 juta (US$148 juta). Minimal S$50 juta (US$37,1 juta) harus digunakan dalam salah satu dari empat kategori investasi berikut:
  • Sekuritas utang Singapura yang memenuhi syarat;
  • Pembayaran ekuitas swasta kepada perusahaan-perusahaan tidak terdaftar yang berbasis di Singapura;
  • Perusahaan yang terdaftar di bursa yang dilisensikan oleh Otoritas Moneter Singapura; Dan
  • Dana didistribusikan oleh fund manager berlisensi Singapura.
READ  Festival Indonesia kembali dengan gembira ke Somersworth NH pada tahun 2022

Antara tahun 2020 dan 2022, total 200 investor telah diberikan izin tinggal permanen melalui skema ini. Setelah peningkatan kriteria investasi yang memenuhi syarat, pemerintah tidak merilis data jumlah total pelamar yang berhasil, namun bertujuan untuk menarik investor dan individu berkualitas tinggi.

tentang kami

Disiapkan oleh Pengarahan ASEAN Desan Shira & Rekan. Perusahaan ini melayani investor asing di seluruh Asia dan memiliki kantor di seluruh ASEAN Singapura, Hanoi, Kota Ho Chi MinhDan Da Nang Selain itu, di Vietnam Jakarta, di Indonesia. Kami juga memiliki perusahaan mitra MalaysiaItu FilipinaDan Thailand Serta praktik kami Cina Dan India. Silakan hubungi kami di [email protected] atau kunjungi situs web kami www.dezshira.com.