Oktober 8, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Hyundai-LGES mendapatkan pembiayaan untuk pabrik baterai EV Indonesia

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solutions Ltd. (LGES) mengumumkan minggu ini bahwa mereka telah mendapatkan pinjaman dan jaminan senilai US$710 juta untuk membiayai usaha patungan sel baterai kendaraan listrik (EV) mereka di Indonesia.

Proyek ini akan dibiayai oleh lima lembaga keuangan internasional yang berbeda dengan jangka waktu pembayaran sepuluh tahun, dijamin secara proporsional dengan ekuitas dalam usaha patungan oleh Hyundai Motor Company, Kia Corporation dan LGES. Korea Trade Insurance Corporation, sebuah perusahaan asuransi perdagangan yang berbasis di Seoul, akan memberikan jaminan pinjaman.

Usaha patungan senilai USD 1,1 miliar ini bertujuan untuk membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik (EV) di kompleks industri baru di Karawang, timur ibu kota Indonesia, Jakarta. Dijadwalkan beroperasi pada 2024, dengan kapasitas produksi awal baterai 10 GWh per tahun, cukup untuk menyalakan 150.000 EV, dan nantinya akan meningkat menjadi 30 GWh.

Awal tahun ini LGES mengatakan pihaknya berencana untuk menginvestasikan total US$9 miliar di Indonesia untuk membangun rantai pasokan baterai EV terintegrasi dengan pemegang saham mayoritas LG Chem dan perusahaan lain.

Hyundai memulai produksi Ioniq 5 di Indonesia pada bulan Maret dan berencana untuk meningkatkan program EV-nya di negara ini selama beberapa tahun ke depan.

READ  Indonesia merilis studi FLEGT untuk mendukung perdagangan kayu legal