April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gunung berapi Levodopi di Indonesia kembali meletus

Gunung berapi Levodopi di Indonesia kembali meletus

Jakarta, Januari. 10 (UNI) Pihak berwenang Indonesia telah menaikkan tingkat kewaspadaan ke tingkat tertinggi ketika abu memuntahkan 1,2 mil di atas gunung berapi Levodopi, media Indonesia melaporkan Rabu.

Letusan dimulai setelah berminggu-minggu aktivitas vulkanik di gunung yang terletak di pulau Flores di Indonesia timur, mendorong pemerintah setempat untuk mengevakuasi desa-desa terdekat. Pada tanggal 1 Januari, Pusat Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi menaikkan tingkat bahaya gunung berapi tersebut dari dua menjadi tiga.

Kantor berita Antara melaporkan, lembaga tersebut telah menyatakan siaga level 4 akibat meningkatnya aktivitas vulkanik di gunung tersebut.

Penduduk dan wisatawan di sekitar Levodopi tidak diperbolehkan melakukan tindakan apa pun dalam radius empat kilometer (2,5 mil) di sekitar pusat gempa dan sektor lima kilometer barat laut gunung berapi.

Abu vulkanik dari letusan baru-baru ini dilaporkan berdampak pada dua wilayah di dekat Levodopi, memaksa lebih dari 2.200 warga mengungsi ke tempat penampungan sementara yang didirikan oleh otoritas setempat.

Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, sehingga sangat rentan terhadap aktivitas tektonik dan gempa bumi. Gunung berapi dan patahan tektonik sepanjang 40.000 kilometer ini membentang di sekitar Samudera Pasifik, sepanjang pantai Amerika Selatan dan Utara hingga ke selatan hingga Alaska, lalu kembali ke Jepang, Filipina, dan Indonesia, dan berakhir di New Guinea, Selandia Baru. dan bagian barat daya Oseania. 90% dari sekitar 1.500 gunung berapi yang diketahui di dunia terletak di Cincin Api Pasifik. 90% gempa bumi terjadi di wilayah ini.

UNI/SPUTNIK AKS

READ  Becca menawarkan untuk membeli pembuat jok kulit mobil Indonesia