Maret 2, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Golden Visa Indonesia, Jun Traveller Terverifikasi Kanada, Perketat Aturan Pekerja Asing Dari Hungaria

Golden Visa Indonesia, Jun Traveller Terverifikasi Kanada, Perketat Aturan Pekerja Asing Dari Hungaria

Indonesia luncurkan program Golden Visa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia telah mengumumkan bahwa negara kepulauan itu akan segera meluncurkan program visa emas untuk menarik orang asing yang kaya. Meski rinciannya belum diumumkan, program Visa Emas Indonesia akan mengikuti prinsip dasar pemberian izin tinggal kepada warga negara asing dengan imbalan investasi moneter tertentu di wilayah tersebut.

Program tersebut antara lain meliputi:

  • Berlaku selama lima tahun dan 10 tahun
  • Pemegang visa bisa mendapatkan kewarganegaraan yang dipercepat dan proses aplikasi visa
  • Pemegang izin tinggal memiliki hak untuk memiliki properti secara legal di negara tersebut.

Program Residensi dengan Investasi (Golden Visa Program) ini berbeda dari visa rumah kedua di negara tersebut, yang bertujuan untuk menarik orang berpenghasilan tinggi yang berencana untuk tinggal di negara tersebut selama lebih dari 10 tahun.

Tujuan dari Skema Visa Emas adalah untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap sektor ekonomi negara. Skema ini akan membantu mendatangkan banyak talenta dari negara-negara di seluruh dunia yang bergerak di berbagai sektor seperti kesehatan, digital, penelitian dan teknologi ke negara tersebut. Setelah orang internasional berinvestasi di negara melalui properti dan cara lain, itu akan membantu menciptakan lapangan kerja.

Kanada Mengumumkan Program Wisatawan Terverifikasi

Kanada telah mengumumkan program wisatawan terverifikasi baru yang berlaku mulai 21 Juni 2023.

Ditujukan untuk pengalaman pemeriksaan yang lebih cepat dan lebih efisien bagi para pelancong di seluruh Kanada, program Pelancong Terverifikasi yang baru ini akan menggantikan program Pelancong Tepercaya saat ini. Pada 21 Juni 2023, jalur pemeriksaan wisatawan terverifikasi khusus akan tersedia di pos pemeriksaan domestik dan internasional tertentu di bandara berikut:

  • Bandara Internasional Vancouver
  • Bandara Internasional Edmonton
  • Bandara Internasional Calgary
  • Bandara Internasional Winnipeg
  • Bandara Internasional Toronto-Pearson T1 dan T3
  • Bandara Internasional Montreal-Trudeau

Keuntungan dari Checked Traveler Lines yang baru meliputi:

  • Membawa cairan, aerosol, dan gel yang diizinkan.
  • Membawa laptop dan elektronik.
  • Kenakan sepatu, ikat pinggang, jaket tipis, dan topi*.
  • Simpan barang-barang kecil di tas Anda.
  • Anda boleh ditemani oleh sesama penumpang yang berusia 17 tahun ke bawah dan 75 tahun ke atas.
  • Penumpang yang memakai jilbab, termasuk penutup kepala agama atau budaya, boleh memakainya, namun, pemeriksaan tambahan diperlukan untuk jilbab atau penutup kepala. Jika alarm berada di area kepala dan tidak dapat diselesaikan dengan baik, Anda mungkin perlu melepas penutup kepala atau penutup kepala untuk pencarian fisik.

Penumpang yang diperiksa harus mematuhi aturan pemeriksaan untuk barang-barang yang tidak sah dan dilarang dan dapat diminta untuk melewati detektor logam atau pemindai seluruh tubuh.

Banyak bandara menawarkan layanan garis depan bagi penumpang yang diperiksa dan manfaat tambahan di pos pemeriksaan transit (untuk penerbangan ke AS).

Hungaria memperketat aturan bagi pekerja asing

Hongaria telah menetapkan batasan masuknya pekerja asing ke negaranya dan mengumumkan langkah-langkah yang lebih ketat bagi pekerja dari negara ketiga yang datang ke Hongaria. Meski aturan final belum dipublikasikan, aturan yang direvisi dimaksudkan untuk melindungi pekerja Hungaria dan menciptakan lapangan kerja baru. Pencari kerja dari negara ketiga harus mematuhi kuota khusus yang tidak mengancam pasar tenaga kerja domestik.

Hongaria mempekerjakan sangat sedikit pekerja asing, terutama dibandingkan dengan negara tetangga Polandia, Slovakia, dan Republik Ceko. Menurut data resmi, 430.000 orang asing saat ini tinggal di Hongaria, 161.000 di antaranya memiliki kartu registrasi UE, dan 162.000 memiliki izin tinggal Hongaria.

Saat ini, siapa pun yang bukan warga negara Uni Eropa (UE) memerlukan izin tinggal dan izin kerja gabungan untuk tinggal dan bekerja di Hongaria. Izin kerja berlaku selama dua tahun, setelah itu dapat dengan mudah diperpanjang jika hubungan kerja masih ada. Jika pemberi kerja dan pekerja berpisah, izin kerja dicabut dan hanya diterbitkan kembali jika pekerja menemukan pemberi kerja baru.

Proses aplikasi biasanya memakan waktu hingga 70 hari.

Dokumen wajib meliputi:

  • Dokumen Identitas (Paspor)
  • Alamat terdaftar di Hungaria
  • Asuransi perjalanan
  • Dokumen verifikasi kualifikasi (misalnya gelar universitas)
  • Letter of Intent atau Perjanjian Kerja Pendahuluan

Setiap karyawan harus diintegrasikan ke dalam sistem jaminan sosial dan perpajakan Hongaria untuk mulai bekerja di perusahaan Hongaria. Karenanya, mereka memerlukan nomor jaminan sosial Hongaria dan nomor pajak.

Pemegang izin kerja juga dapat menjadi penduduk Hungaria melalui proses yang dikenal sebagai ‘penyatuan kembali keluarga’, yang biasanya dimulai setelah pemohon utama menerima izin kerja mereka. Pasangan dan anak kecil (di bawah 18 tahun) dari pelamar utama dapat melamar. Izin tinggal tanggungan/keluarga berlaku selama pemohon utama memiliki izin.

Aturan bahasa baru Polandia akan berlaku pada 24 Juni 2023

Mulai 24 Juni 2023, orang asing harus memiliki pengetahuan bahasa Polandia yang kuat di tingkat B1 untuk mendapatkan izin tinggal jangka panjang UE. Dengan amandemen ini, orang asing akan dapat menggunakan sertifikat ujian individu terpilih atau sertifikat lulus ujian bahasa internal di universitas Polandia.

Saat ini, satu-satunya bukti kemampuan bahasa yang dapat diterima adalah lulus ujian umum dalam bahasa Polandia atau lulus dari sekolah atau universitas Polandia.

READ  Indonesia telah menjanjikan 10 juta vaksin polio ke Afghanistan