Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter melanda pulau Jawa, Indonesia, dan dirasakan hingga Jakarta.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter melanda pulau Jawa, Indonesia, dan dirasakan hingga Jakarta.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter melanda bagian selatan pulau utama Indonesia, Jawa, namun belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan properti yang signifikan.

Survei Geologi AS mengatakan gempa terjadi 102 kilometer (63 mil) selatan Banjar pada kedalaman 68,3 kilometer (42,4 mil). Tidak ada peringatan tsunami.

Gedung-gedung tinggi berguncang selama satu menit di ibu kota Jakarta, sementara rumah-rumah berlantai dua berguncang hebat di ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung, dan kota-kota satelit Jakarta seperti Debok, Tangerang, Pokor, dan Bekasi. Gempa tersebut juga dirasakan di Jawa Barat, Yogyakarta dan kota-kota lain di provinsi Jawa Timur, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia.

Badan tersebut telah memperingatkan kemungkinan gempa bumi.

Gempa bumi sering terjadi di seluruh wilayah kepulauan ini, namun jarang dirasakan di Jakarta.

Indonesia, negara kepulauan yang aktif secara seismik berpenduduk 270 juta jiwa, rentan terhadap gejolak seismik karena letaknya yang berada di patahan geologi besar yang dikenal sebagai “Cincin Api” Pasifik.

Sedikitnya 602 orang tewas dalam gempa berkekuatan 5,6 skala Richter tahun 2022 di Siangjur, Jawa Barat. Peristiwa ini merupakan yang paling mematikan di Indonesia sejak gempa bumi dan tsunami Sulawesi tahun 2018 yang menewaskan lebih dari 4.300 orang.

Pada tahun 2004, gempa bumi yang sangat dahsyat di Samudera Hindia memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di banyak negara, sebagian besar di provinsi Aceh, Indonesia.

READ  Kargil akan bangun kilang minyak sawit senilai $200 juta di Indonesia