Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perdalam Kemitraan

Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perdalam Kemitraan

Garuda Indonesia (GA) dan Singapore Airlines (SIA) telah mengumumkan perluasan signifikan kemitraan komersial mereka.

Hal ini berarti peningkatan manfaat bagi frequent flyer dan peluang baru bagi pertumbuhan pariwisata. Kerja sama strategis tersebut ditandatangani pada 20 Mei 2024 di Jakarta, Indonesia.

Hal ini melanjutkan komitmen kedua maskapai untuk meningkatkan lanskap penerbangan di Asia Tenggara, seiring pemulihan kawasan dari pandemi.

Program loyalitas dan frequent flyer

Perjanjian program frequent flyer yang baru ditandatangani telah dikonfirmasi oleh CEO kedua maskapai. Hal ini memungkinkan anggota KarudaMiles dan KrisFlyer memperoleh dan menukarkan miles pada penerbangan codeshare yang dioperasikan oleh kedua maskapai.

Pembaruan ini menghasilkan fleksibilitas yang lebih besar dan pilihan hadiah yang lebih beragam bagi frequent flyer.

Misalnya, penumpang dapat mengumpulkan miles untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke London melalui Singapura dengan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

Perjanjian bagi hasil

Kolaborasi ini akan diperluas melampaui program frequent flyer. Usulan perjanjian bagi hasil usaha patungan merupakan langkah penting menuju kemitraan bisnis yang lebih mendalam.

Kesepakatan tersebut, tergantung pada persetujuan peraturan, bertujuan untuk mendukung peningkatan kapasitas udara antara Singapura dan Indonesia.

Dengan bekerja sama untuk meningkatkan operasional dan membagi pendapatan, Garuda Indonesia dan Singapore Airlines membantu meningkatkan profitabilitas dan memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi kedua maskapai.

Taksi Garuda A330 masuk saat mendarat.
Oleh Dmitry Pichukin (GFDL 1.2 atau GFDL 1.2), melalui Wikimedia Commons

Dampak positif dari kemitraan ini tentu saja tidak hanya berdampak pada maskapai penerbangan. Maskapai penerbangan memahami peran penting pariwisata dalam kesejahteraan ekonomi Indonesia dan Singapura.

Oleh karena itu, baik Garuda Indonesia maupun Singapore Airlines berkomitmen untuk melanjutkan upaya pemasaran bersama. Ini juga mencakup tur khusus yang dirancang untuk menarik para profesional perjalanan dan media untuk menjelajahi keindahan Indonesia.

READ  Badan Meteorologi Indonesia memprediksi kekeringan pada tahun 2023, memperingatkan risiko kebakaran hutan

Dengan menampilkan kekayaan warisan budaya, pemandangan menakjubkan, dan kota-kota yang dinamis, upaya pemasaran bersama ini berpotensi menarik pengunjung ke Indonesia dan meningkatkan industri pariwisata negara.

Kemitraan codeshare yang kuat dari maskapai penerbangan ini membentuk landasan yang kuat untuk memperluas kolaborasi ini.

Sebuah Singapore Airlines A380 mendarat.
Kredit foto: Charlie Carter/AviationSource

Garuda Indonesia saat ini berbagi penerbangan Singapore Airlines yang menghubungkan Singapura ke destinasi populer di Indonesia seperti Bali, Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Selain itu, codeshare SIA pada penerbangan Garuda Indonesia pada rute yang sama menawarkan penumpang pilihan penerbangan yang lebih luas dan kenyamanan yang lebih baik.

Kemitraan yang telah terjalin dengan baik ini siap untuk berkembang lebih jauh berdasarkan perjanjian baru.

Bapak Garuda Indonesia adalah Chairman dan CEO UrbaniaputraIa mengungkapkan antusiasmenya terhadap kemitraan ini

“Kolaborasi ini merupakan bagian penting dari strategi Garuda Indonesia untuk meningkatkan kinerja melalui kolaborasi strategis yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan kami.”

“Hal ini mencerminkan komitmen bersama kami dalam meningkatkan kapasitas industri penerbangan Asia Tenggara pascapandemi.”

Menyoroti pentingnya sejarah kolaborasi ini, Mr. Chetyaputra berkomentar lebih lanjut. “Kemitraan ini menandai momen spesial bagi kami karena kami merayakan 58 tahun menghubungkan Indonesia dan Singapura.”

“Kami yakin kemitraan ini akan semakin memperkuat ikatan sosial, budaya, dan pariwisata antar negara kita, sekaligus memberikan pengalaman perjalanan yang lancar di seluruh jaringan terintegrasi kami.”

Sebuah taksi penerbangan Garuda Indonesia melewati jet Singapore Airlines yang diparkir.
Oleh Alto Bitini (GFDL 1.2 atau GFDL 1.2), melalui Wikimedia Commons

Tn. Koh Soon Bong, CEO Singapore AirlinesMenekankan manfaat bagi pelanggan dan menyampaikan sentimennya.

“Kemitraan kami yang diperkuat dengan Garuda Indonesia akan meningkatkan konektivitas antara Indonesia dan Singapura secara signifikan bagi pelanggan kami. Hal ini akan memenuhi meningkatnya permintaan perjalanan udara dan mendorong pertumbuhan pariwisata dan kegiatan ekonomi di kedua negara.

READ  Angkatan Laut Indonesia menyelamatkan Kroman delapan jam setelah kapal tanker jatuh

“Selain itu, memperdalam sinergi antara program frequent flyer kami akan memberikan lebih banyak peluang bagi anggota setia kami untuk memperoleh dan menukarkan miles saat mereka terbang.”

Masa depan cerah bagi penerbangan di Asia Tenggara

Perluasan kemitraan antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines merupakan komitmen terhadap masa depan yang lebih sejahtera bagi industri penerbangan di Asia Tenggara.

Dengan mengedepankan nilai pelanggan, mendorong pengembangan pariwisata, dan meningkatkan konektivitas perjalanan udara, kolaborasi ini berpotensi membuka era baru baik bagi maskapai penerbangan maupun kawasan.

Seiring dengan pulihnya industri perjalanan, berkat gabungan kekuatan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, penumpang dapat mengharapkan pengalaman perjalanan yang lebih memuaskan dan lancar saat terbang antara Indonesia dan Singapura.


Klik spanduk untuk berlangganan buletin mingguan kami.

Klik pada foto untuk bergabung dengan saluran WhatsApp kami dan terus mengetahui segala hal yang terjadi di industri penerbangan!