Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Menteri Teton yakin ekspor furnitur Indonesia mencapai Rp 79,9 triliun pada tahun 2024

Menteri Teton yakin ekspor furnitur Indonesia mencapai Rp 79,9 triliun pada tahun 2024

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki optimistis ekspor furnitur dan kerajinan Indonesia sepanjang tahun ini bisa mencapai setara US$5 miliar atau Rp79,9 triliun.

Deton juga mengapresiasi upaya Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia (Azmindo) dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas industri furnitur dan kerajinan Indonesia.

Ia mengatakan, sektor furnitur dan kerajinan menyerap sekitar 143.000 tenaga kerja dan 1.114 unit usaha.

Sementara itu, dalam lima tahun yang berakhir (2018-2022), pertumbuhan ekspor industri furnitur Indonesia diproyeksikan mencapai nilai ekspor USD 2,9 miliar pada tahun 2022, naik dari USD 2,8 miliar pada tahun sebelumnya.

Peningkatan ini menunjukkan momentum positif terhadap target pemerintah sebesar 5 miliar dolar AS pada tahun 2024. Oleh karena itu, kawan-kawan Azminto harus bersemangat karena trennya sangat bagus, kata Deton dalam keterangan resminya, Rabu, 22 Mei.

Meski perekonomian domestik dan global tahun ini penuh tantangan, Teton tetap optimistis target tersebut bisa tercapai.

Selain itu, Teton mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar sektor UMKM harus memperhatikan situasi perekonomian global pada tahun ini.

“Saya lapor ke Presiden, beban saya tahun ini berat karena tanda-tandanya tidak mudah, tapi harus kita lewati,” ujarnya.

Teten juga mengatakan tantangan yang dihadapi industri saat ini antara lain ketersediaan bahan baku, kemampuan sumber daya manusia, serta perlunya inovasi dan desain.

Namun, lanjutnya, pemerintah perlu menjaga lingkungan industri dan dunia usaha tetap berjalan dengan baik.

“Pemerintah terus berupaya menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif,” ujarnya.

Tag: Menteri Koperasi Teten Mastuki Teten Kemenkop Ekspor UKM

READ  Ekspor Indonesia mengalami keuntungan tak terduga karena permintaan Cina dan India meningkat