Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

AI Dabeeo memantau telapak tangan Indonesia

ANN/THE KOREA HERALD – Meluncurkan usaha inovatifnya pada hari Senin, Tapio, perusahaan teknologi AI intelijen geospasial terkemuka, telah memulai usaha terbarunya: memantau perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

Meliputi wilayah yang lebih luas dari ibu kota Korea Selatan, Seoul, proyek ini dilaksanakan melalui usaha patungan antara Tunas Sawa Erma Group, pemain utama dalam industri minyak sawit Indonesia.

Kolaborasi ini mencakup area seluas 765 kilometer persegi, menjanjikan wawasan signifikan mengenai praktik pertanian berkelanjutan.

“Citra satelit dengan presisi tinggi umumnya digunakan untuk keperluan militer dan IT, kasus penggunaan di bidang pertanian sangat jarang terjadi. Kasus ini menunjukkan meluasnya penggunaan citra satelit di berbagai domain, di mana Dabeeo berada di garis depan,” kata Joo Hum. Park, CEO Dabeeo.

“Pada saat tidak ada pemain utama dalam bisnis pemantauan pertanian, masuknya kami secara strategis ke pasar melalui kesepakatan baru-baru ini dengan TSE Group membantu kami mempercepat operasi bisnis untuk memperluas pangsa pasar kami secara signifikan di masa depan,” tambahnya. .

Kesepakatan terbaru ini menandai perluasan proyek pemantauan perkebunan kelapa sawit Dabeeo yang dimulai tahun lalu di Malaysia. Indonesia dan Malaysia dilaporkan memproduksi hingga 80 persen pasokan kelapa sawit dunia, dan perusahaan tersebut berharap dapat menggunakan kesepakatan mereka baru-baru ini di kedua negara tersebut sebagai batu loncatan untuk memperluas bisnisnya lebih lanjut.

Mitra terbaru Dabeeo, TSE Group, telah menjalankan bisnis kelapa sawit di Indonesia selama hampir tiga dekade. Pejabat dari perusahaan Korea Selatan mengatakan kemitraan mereka “akan menjadi sinyal kuat bagi masuknya Dabeo ke pasar Indonesia.”

Dabeeo berencana menggunakan analisis AI dan citra satelit beresolusi sangat tinggi untuk secara signifikan mengurangi beban kerja yang diperlukan dalam sistem pemantauan perkebunan kelapa sawit saat ini, yang memerlukan banyak tenaga kerja manual dan rekaman drone.

READ  Samia telah menetapkan target untuk menarik $1 miliar investasi di Indonesia

Menurut perusahaan, citra satelit resolusi tinggi 30 cm dapat memberikan cakupan area luas secara detail dalam satu foto melalui kolaborasi dengan penyedia satelit komersial seperti Airbus dan Maxar. Para pejabat mengatakan Dabeeo mencapai akurasi lebih dari 99,5 persen dalam mengidentifikasi produk pohon palem dan lebih dari 90 persen akurasi dalam mengklasifikasikan status kesehatannya.

Penggunaan metode tersebut dapat mendeteksi secara dini setiap penyimpangan seperti pohon yang sakit dan menyediakan data penting untuk prediksi hasil panen.

Tapio bertujuan untuk memperluas kolaborasinya dengan TSE Group untuk meningkatkan program pemupukan melalui analisis unsur hara, citra satelit untuk mengidentifikasi kekurangan unsur hara pada masing-masing pohon, yang dapat merevolusi operasi pertanian kelapa sawit.

Dabeeo bekerja sama dengan TSE Group untuk mengembangkan platform untuk memantau perkebunan kelapa sawit Indonesia mulai tahun 2023 guna menyediakan data yang dianalisis agar mudah diakses oleh pengguna. Ini didasarkan pada platform “Dabeo Eartheye” Dabeeo, yang diakui sebagai inovasi di CES 2022. Platform analisis AI berbasis citra satelit.

Karena sebagian besar perkebunan kelapa sawit berlokasi di wilayah dengan akses internet yang rendah, fokus utamanya adalah memastikan akses cepat ke data dalam jumlah besar bahkan di wilayah dengan konektivitas internet yang buruk.

Platform ini sekarang memungkinkan akses tanpa batas bahkan pada kecepatan 12 Mbps (1/14 dari kecepatan rata-rata Korea Selatan), sehingga manajer pertanian dapat mengambil tindakan segera, kata perusahaan tersebut. Dengan memanfaatkan sumber daya secara akurat dan efisien seperti alokasi tenaga kerja yang tepat waktu ke area bermasalah, lokasi ini meningkatkan operasi pertanian secara keseluruhan.

Transisi dari sistem yang hanya dapat diakses oleh spesialis GIS ke platform berbasis web yang dapat diakses oleh semua anggota perusahaan meningkatkan efisiensi pemantauan pertanian di TSE Group.

READ  Pemilu Indonesia: Hasil tidak resmi menunjukkan kekuatan militer, Prabowo, unggul
Foto stok perkebunan kelapa sawit. Foto: ENVATO