Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Foto-foto lama jatuhnya pesawat Indonesia disalahartikan sebagai bencana di tahun 2022

Hak Cipta AFP 2017-2022. Seluruh hak cipta.

Foto-foto kecelakaan pesawat di Indonesia dan seorang wanita yang sedang berdoa secara keliru dibagikan di media sosial Bangladesh pada Oktober 2022, ketika sebuah kecelakaan pesawat di Indonesia menewaskan 178 orang. Meskipun foto-foto ini diambil di Indonesia, mereka tidak menunjukkan kecelakaan terbaru. Foto-foto jet yang jatuh itu berasal dari kejadian tahun 2013 yang tidak ada korban jiwa, dan foto wanita salat itu dari tahun 2018, saat sebuah pesawat jet Indonesia jatuh ke laut, menewaskan lebih dari 180 orang.

Ketiga foto tersebut dibagikan lebih dari 40 kali setelah diposting di Facebook Di Sini Pada 11 Oktober 2022.

Tajuk utama berbahasa Bengali mereka berbunyi: “178 tewas dalam kecelakaan pesawat di Indonesia. Semoga Allah menyambut mereka ke surga. Amin.”

Dua foto menunjukkan livery jet Lion Air — sebuah pesawat murah yang berbasis di Indonesia — yang jatuh ke air dan patah menjadi dua. Salah satu foto ini menunjukkan sebuah pesawat yang dikelilingi oleh perahu dan orang-orang berjalan di sayap.

Foto ketiga menunjukkan seorang wanita berhijab sedang shalat.

Tangkapan layar dari postingan Facebook palsu yang diambil pada 24 Oktober 2022

Foto yang sama telah dibagikan lebih dari 200 kali setelah muncul di tempat lain di Facebook Di Sini Dan Di Sini dengan Pernyataan yang sama.

Namun, klaim itu salah.

Foto-foto yang digunakan ditemukan dalam pencarian gambar terbalik di Google Laporan berita tentang kecelakaan pesawat terpisah pada tahun 2013 dan 2018 menggunakan catatan palsu.

Foto pertama

Foto pertama pesawat Lion Air yang jatuh Muncul di Associated Press (AP). Laporan Dicetak ulang oleh USA Today pada 13 April 2013.

READ  HSBC memulai pembicaraan investor informal untuk IPO bisnis Indonesia

“Penyelidik Indonesia mengatakan pada hari Minggu bahwa sebuah jet penumpang Lion Air baru melewatkan landasan pacu saat mendarat di pulau resor Bali, terjun ke laut tanpa membunuh semua 108 orang di dalamnya,” tulis kolom pertama. Laporan.

Foto tersebut dikreditkan ke AP, dengan keterangan: “Dalam foto yang dirilis oleh polisi Indonesia ini, puing-puing pesawat Lion Air yang jatuh berada di air dekat bandara di Bali, Indonesia, Sabtu.”

Berikut perbandingan tangkapan layar foto pertama di unggahan menyesatkan (kiri) dan foto asli dari AP (kanan):

Perbandingan tangkapan layar dari foto pertama di unggahan menyesatkan (kiri) dan foto sebenarnya dari AP (kanan).

Laporan berita tentang Lion Air di Bali menerbitkan gambar yang sama pada April 2013 Di Sini Dan Di Sini.

Foto kedua

Gambar kedua dari kecelakaan pesawat adalah A Laporan Pada 13 April 2013 tentang kecelakaan pesawat Lion Air yang sama melalui penyiar AS CBS News.

Kredit foto berbunyi: “Foto AP / Tim Penyelamat Nasional” – yang dikenal sebagai Pasarnas dalam bahasa Indonesia.

“Foto yang dirilis oleh Tim Penyelamat Nasional Indonesia ini menunjukkan petugas penyelamat di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air di Bali, Indonesia pada Sabtu, 13 April 2013,” bunyi keterangan di bawah gambar. “Sebuah pesawat yang membawa lebih dari 100 penumpang dan awak melewati landasan pacu dan jatuh ke laut di pulau Bali Indonesia pada hari Sabtu, melukai 45 orang,” kata para pejabat.

Di bawah ini adalah perbandingan tangkapan layar dari foto kedua yang digunakan dalam unggahan menyesatkan (kiri) dan foto sebenarnya dalam laporan CBS News (kanan):

Perbandingan tangkapan layar dari foto kedua yang digunakan dalam unggahan menyesatkan (kiri) dan foto sebenarnya dalam laporan CBS News (kanan)

Ada juga film Diterbitkan Kantor berita Australia news.com.au tentang penyelidikan kecelakaan pesawat.

READ  VOA dan lembaga penyiaran negara Indonesia mengumumkan perjanjian berbagi berita dan informasi

Penyelidik Indonesia menyalahkan kecelakaan itu pada pelatihan yang buruk, laporan awal mereka mengesampingkan kesalahan apa pun pada pesawat, AFP dilaporkan.

foto ketiga

Foto seorang wanita berdoa Diterbitkan oleh penyiar Voice of America (VOA) yang berbasis di AS pada 29 Oktober 2018. Artikel Tentang kecelakaan fatal Lion Air di Indonesia.

“Pihak berwenang Indonesia mengatakan tidak ada peluang untuk selamat setelah penerbangan Lion Air dengan 189 penumpang dan awak di dalamnya jatuh ke laut 13 menit setelah lepas landas dari Jakarta,” paragraf pertama laporan itu berbunyi.

Foto yang dikreditkan ke The Associated Press, memiliki keterangan: “Seorang kerabat penumpang berdoa ketika dia dan yang lainnya menunggu berita tentang penerbangan Lion Air yang jatuh di Pulau Jawa di Bandara Debati Amir di Bangal Penang, Indonesia, Oktober .29, 2018.”

Pangkalan Penang Ini adalah ibu kota provinsi Banga-Belitung, Indonesia.

Berikut perbandingan tangkapan layar antara foto ketiga di unggahan menyesatkan (kiri) dan foto sebenarnya di laporan VOA (kanan):

Perbandingan tangkapan layar antara gambar ketiga di unggahan palsu (kiri) dan foto sebenarnya di laporan VOA (kanan)

Foto yang sama juga dipublikasikan di situs AP Images Di Sini.

Menurut AFP Laporan Dalam kecelakaan fatal pada tahun 2018, sebuah jet Lion Air jatuh ke laut tak lama setelah lepas landas dari Jakarta dalam perjalanan ke Bangal Penang.

Kecelakaan besar terakhir terjadi pada 9 Januari 2021 saat Sriwijaya Air membawa pesawat jet. 62 orang hancur ke laut tak lama setelah keberangkatan dari Jakarta, membunuh semua Di kapal.