Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

PBB telah meminta negara-negara untuk membantu Rohingya di laut karena ratusan telah mendarat di Indonesia.

PIDIE, Indonesia, 27 Desember (Reuters) – Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) mendesak negara-negara pada Selasa untuk membantu Muslim Rohingya yang terdampar di laut setelah berminggu-minggu di Samudera Hindia yang menewaskan sedikitnya 20 orang tewas dan ratusan lainnya terdampar di Indonesia.

Hampir 500 Rohingya telah mencapai Indonesia dalam enam minggu terakhir, dan banyak yang tetap tidak merespon meski telah berulang kali memohon dan meminta bantuan,” kata UNHCR dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan pada hari Senin bahwa 2022 bisa menjadi salah satu tahun terburuk di laut dalam hampir satu dekade bagi Rohingya yang melarikan diri dari kondisi putus asa di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh. Sebuah perahu yang membawa 180 orang diyakini telah tenggelam pada awal Desember, dengan semua penumpangnya diduga tewas, kata kelompok hak asasi manusia.

Rohingya telah lama dianiaya di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha, yang berbatasan dengan Bangladesh. Selama bertahun-tahun banyak yang melarikan diri ke negara tetangga seperti Thailand dan Bangladesh, dan ke Malaysia dan Indonesia yang mayoritas Muslim ketika laut tenang di bulan November dan April.

1 juta orang hidup dalam kondisi penuh sesak di Bangladesh Ratusan ribu Dia melarikan diri dari penumpasan mematikan oleh militer Myanmar pada tahun 2017 dan menyangkal melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Kelompok-kelompok HAM telah melaporkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah orang yang meninggalkan kamp, ​​dari sekitar 500 tahun lalu menjadi sekitar 2.400 tahun ini. Tidak jelas apa yang menyebabkan eksodus besar itu. Beberapa aktivis percaya bahwa pencabutan pembatasan COVID di sekitar Asia Tenggara, tujuan favorit bagi Rohingya, mungkin menjadi faktor penyebabnya.

‘Perjalanan Berbahaya’

Pengungsi Rohingya menerima perawatan medis di tempat penampungan sementara di Piti, provinsi Aceh, Indonesia, pada 26 Desember 2022, dalam foto ini dari Foto Antara. ANTARA FOTO/Joni Saputra/via REUTERS

Sebuah kapal terdampar di pantai provinsi Aceh di pulau Sumatera Indonesia pada hari Senin dengan 174 Rohingya, kebanyakan dari mereka mengalami dehidrasi, kelelahan dan membutuhkan perawatan medis yang mendesak setelah berminggu-minggu di laut, kata pejabat badan bencana setempat.

READ  Dengan tidak adanya tanda-tanda kapal selam Indonesia saat angin mereda, pencarian dimulai lagi

Beberapa orang yang selamat menceritakan kisah kelaparan dan keputusasaan, mengatakan lebih dari 20 penumpang tewas dalam perjalanan.

“Kami datang ke sini dari kamp pengungsi terbesar di Bangladesh dengan harapan masyarakat Indonesia akan memberi kami pendidikan,” kata Omar Farooq, berbicara di tempat penampungan dengan pria, wanita dan anak-anak Rohingya yang dirawat oleh seorang dokter Indonesia.

Setelah menyelamatkan enam orang yang bergelantungan di tangki air terapung di Laut Andaman, pihak berwenang Thailand mengatakan bahwa para penyintas tidak diberi izin untuk mengarungi perahu mereka ke Malaysia dan kembali ke Bangladesh.

Kementerian Penegakan Maritim Malaysia tidak menanggapi permintaan komentar.

Pendaratan hari Senin di Indonesia adalah yang terbaru dari serangkaian pendaratan kapal Rohingya dan upaya penyelamatan di sekitar wilayah tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami melakukan segala yang mungkin untuk mencegah mereka melakukan perjalanan berbahaya,” kata Komisaris Repatriasi dan Bantuan Pengungsi Bangladesh Mohammad Mizanur Rahman kepada Reuters Senin malam.

Hidayatullah Tahjudin di Indonesia, Stanley Widianto di Jakarta, Ruma Paul di Dhaka dan Krishna N di New Delhi. Pernyataan Das; Oleh Kanupriya Kapoor; Diedit oleh Martin Petty dan Mark Heinrich

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.