Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Biden memperkuat hubungan dengan Indonesia meskipun ada ketegangan perang di Gaza

Biden memperkuat hubungan dengan Indonesia meskipun ada ketegangan perang di Gaza

Presiden Biden dan Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengumumkan kemitraan strategis baru pada hari Senin, meskipun perbedaan pendapat mereka mengenai perang di Gaza akan menentukan kunjungan pemimpin Indonesia tersebut ke Washington.

Tuan memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Widodo tiba di Washington setelah menghadiri pertemuan puncak di Arab Saudi. Mengutuk perang Dia menyalahkan Israel atas serangan di Gaza dan Rumah Sakit Ahli Arab di Kota Gaza. Badan-badan intelijen AS yakin ledakan itu dilakukan oleh roket Palestina. Bapak Widodo adalah pemimpin dunia Muslim pertama yang mengunjungi Gedung Putih sejak perang dimulai.

Tn. Tuan Biden Dia juga mengatakan dia akan “mendengarkan baik-baik” kepada Widodo. Pertemuan mereka. Sekretaris pers Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa “presiden akan memperjelas bahwa Amerika Serikat mendukung Israel.”

Tn. Para penasihat Biden berharap korps diplomatik dapat menahan ketegangan di Gaza, dan mereka akan bertemu dengan Biden. Mereka bersikeras agar Widodo ditahan. Menegaskan kemitraan strategis baru dengan Indonesia memperkuat upaya presiden untuk mendekatkan negara-negara ke Amerika Serikat di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai agresi Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik.

Pada pertemuan puncak tingkat tinggi di San Francisco, Mr. Pengumuman tersebut, yang disampaikan dua hari sebelum Biden bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, menempatkan Amerika Serikat pada pijakan diplomatik yang sama dengan Beijing, yang telah mengumumkan perluasan hubungan dengan Jakarta. 2013. Bpk. Dilihat oleh Biden dan para penasihatnya.

Kedua pemimpin diperkirakan akan membahas rencana kesepakatan mengenai mineral penting dan semikonduktor, serta membahas isu-isu iklim termasuk penangkapan dan penyimpanan karbon, jaringan listrik, dan kualitas udara. (Ketika Biden mengunjungi Indonesia untuk menghadiri pertemuan puncak yang dihadiri 20 negara anggota setahun yang lalu, Presiden Widodo mengajak presiden dan wartawan ke perkebunan bakau di Bali untuk memuji potensinya dalam menjernihkan udara dan melawan perubahan iklim.)

READ  Petugas polisi dibebaskan, satu lagi dipenjara dalam kasus pembongkaran stadion Indonesia Berita Polisi

Keduanya akan membahas kerja sama keamanan, termasuk keamanan siber, dan inisiatif baru untuk program satelit di Georgetown University, universitas Amerika pertama yang membuka kampus di Indonesia.

Peter Baker Laporan yang dikontribusikan.