April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Bank sentral Indonesia memberi sinyal bahwa suku bunga akan tetap stabil pada tahun 2024

Bank sentral Indonesia memberi sinyal bahwa suku bunga akan tetap stabil pada tahun 2024

JAKARTA, 29 Nov (Reuters) – Bank Indonesia (BI) akan mempertahankan suku bunga acuannya pada level saat ini pada tahun 2024, kecuali ada perubahan besar dalam dinamika global, kata Gubernur Perry Vargeo pada hari Rabu. .

Berbicara pada pertemuan tahunan para eksekutif keuangan dan pejabat pemerintah yang diselenggarakan oleh bank sentral, Vargio mengatakan tingkat pembelian kembali terbalik 7 hari sebesar 6% seharusnya cukup untuk menjaga inflasi domestik pada target 1,5% hingga 3,5% pada tahun 2024. 2025. Kisaran sasaran inflasi Bank pada tahun ini adalah 2% hingga 4%.

“Untuk memastikan inflasi tetap terkendali sesuai target… BI rate akan dipertahankan dan responnya akan selaras dengan dinamika perekonomian global dan domestik,” kata gubernur.

BI telah menaikkan suku bunga sebanyak 250 basis poin (bps) sejak Agustus 2022 hingga Oktober, kenaikan suku bunga terbaru sebagai respons terhadap jatuhnya nilai tukar rupee di tengah arus keluar modal terkait pengetatan mata uang AS.

Vargeo memperkirakan rupiah akan tetap stabil pada tahun 2024, dengan Federal Reserve diperkirakan akan menurunkan suku bunga AS sebesar 50 bps pada paruh kedua tahun depan.

Rupee menguat pada hari Rabu menjelang pertemuan tersebut.

Seiring dengan panduan kebijakan moneter, Vargeo melihat prospek pertumbuhan PDB Indonesia berada pada kisaran 4,7%-5,5% pada tahun 2024 dan 4,8%-5,6% pada tahun 2025, dan antara 5,3% dan 6,1% dalam jangka menengah pada tahun 2028. Lebih kuat dari perkiraan pertumbuhan BI tahun 2023 sebesar 4,5%-5,3%.

Tahun depan, gaji pegawai negeri yang lebih tinggi, belanja pada pemilu 14 Februari, rencana ibu kota baru Indonesia senilai $32 miliar, dan ekspor sumber daya alam olahan akan mendukung pertumbuhan, kata Virgio.

READ  Gempa berkekuatan 5.5 dekat Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Indonesia / Volcano Discovery

Namun, hambatan diperkirakan berasal dari melemahnya pertumbuhan ekonomi global.

“Geopolitik mempengaruhi geoekonomi. Akibatnya, prospek perekonomian global akan melemah pada tahun 2024 sebelum membaik pada tahun 2025,” ujarnya.

Berbicara pada acara yang sama, Presiden Joko Widodo memperingatkan para eksekutif keuangan Indonesia tentang ketidakpastian perang di belahan dunia lain dan dampaknya terhadap perekonomian dalam negeri.

Dia menekankan, perbankan sebaiknya mengutamakan penyaluran kredit dibandingkan menempatkan kelebihan likuiditas pada obligasi pemerintah atau obligasi BI.

Pertumbuhan pinjaman BI akan mencapai 10-12% pada tahun 2024, 11-13% pada tahun 2025, dan 9-11% pada tahun ini, kata Virgio.

($1 = 15,390,0000 rupee)

Laporan oleh Stefano Suleiman dan Ananda Teresa; Pelaporan tambahan oleh Gayatri Suryo; Ditulis oleh Kanupriya Kapoor, diedit oleh William McLean dan Christina Fincher

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru