Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Apakah Indonesia termasuk dalam 10 negara paling tercemar di dunia?

Tempo.co, JakartaPencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah yang paling mendesak di dunia. Polusi udara dan air adalah dua masalah yang paling menantang bagi populasi global.

Jadi, negara manakah yang paling tercemar di dunia?

Itu meyakini Basis data tersebut telah mengumpulkan daftar 111 negara di Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Oseania yang memiliki tingkat polusi tertinggi pada pertengahan tahun 2023. Banyak faktor yang menentukan indeks pencemaran seperti pencemaran udara dan air, pembuangan limbah, kebersihan, kebisingan. dan polusi cahaya, ruang hijau, dan fasilitas pengurangan polusi.

Menurut Numbeo, tingkat pencemaran udara tertinggi, disusul pencemaran air, dan aksesibilitas dianggap sebagai dua faktor pencemaran utama. Sebagian besar data berasal dari Opini Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta pengumpulan data relevan lainnya.

Berikut daftar negara paling tercemar pada tahun 2023:

  1. Mongolia

Indeks polusi Mongolia naik menjadi 92,4. Terletak di antara Tiongkok dan Rusia, masalah polusi di Mongolia terutama disebabkan oleh pembakaran batu bara dan biomassa. Di ibu kota Mongolia, Ulan Bator, infeksi saluran pernapasan meningkat sebesar 270 persen dalam satu dekade terakhir.

  1. Myanmar

Myanmar menghadapi tantangan lingkungan yang besar, dengan polusi udara dan industri sebagai fokus utama. Pengelolaan limbah industri yang buruk dan penggundulan hutan berkontribusi terhadap polusi di negara ini, dengan skor indeks 89,8.

  1. Libanon

Polusi udara meningkat di Lebanon sejak krisis tahun 2019, dengan indeks polusi sebesar 89,4. Kegagalan pemerintah dalam mereformasi sektor energi telah menyebabkan menjamurnya pembangkit listrik swasta di seluruh kota. Di Beirut, lebih dari 8.000 generator beroperasi hampir 24 jam sehari.

  1. Ghana

Polusi udara menjadi bahaya lingkungan utama bagi masyarakat Ghana. Hampir 100 persen penduduknya terpapar polusi udara PM2.5, yang melebihi standar WHO. Selain itu, Ghana menghasilkan 3.000 ton sampah plastik setiap hari, yang menghasilkan indeks polusi sebesar 88,4.

  1. Nigeria
READ  Al-Jadan memuji Jakarta karena menyiapkan dana pengendalian epidemi pada pertemuan G20

Dengan indeks polusi sebesar 88,2, Nigeria merupakan salah satu negara paling tercemar di dunia. Penduduk Onitsha diselimuti oleh polusi akibat pembakaran, partikel dari tungku kayu, knalpot mobil, dan debu jalan berwarna merah. Namun Onitsha bukan satu-satunya kota yang terancam oleh udara beracun di Nigeria, tetapi juga Port Harcourt dan Lagos.

  1. Afganistan

Indeks polusi udara Afghanistan telah mencapai 85,5. Sekitar 26.000 orang meninggal di negara ini pada tahun 2017 karena penyakit terkait polusi udara. Sekitar 3.000 orang meninggal setiap tahun akibat infeksi saluran pernapasan di Kabul, menurut Pusat Penelitian Afghanistan.

  1. Bangladesh

Bangladesh adalah salah satu negara yang paling padat kumuh di dunia, dengan indeks polusi 85,2. Dhaka adalah salah satu kota paling tercemar karena industri batu bata yang mempekerjakan satu juta orang dan memproduksi 23 miliar batu bata setiap tahunnya. Tempat pembakaran batu bata berbahan bakar kayu di Bangladesh menghasilkan asap dan debu dalam jumlah besar.

  1. Vietnam

Pada tahun 2016, sekitar 60.000 kematian di Vietnam disebabkan oleh polusi udara. Menurut Bank Dunia, udara kotor merugikan suatu negara sebesar 5 persen dari produk domestik bruto (PDB) setiap tahunnya. Lalu lintas merupakan sumber polusi utama di Vietnam, dengan indeks polusi sebesar 84,2.

  1. Nepal

Dengan indeks polusi 84,1, Nepal menjadi salah satu negara paling tercemar di dunia. Setiap tahun, kualitas udara di Lembah Kathmandu dan kota-kota besar lainnya di dataran selatan memburuk di musim dingin, menyebabkan masyarakat kesulitan untuk menghirup udara bersih.

  1. Peru

Peru adalah salah satu negara paling tercemar di dunia dengan indeks polusi 83,0. Aktivitas pertambangan dan emisi kendaraan berkontribusi terhadap tingginya emisi di negara tersebut. Deforestasi dan pengelolaan limbah yang buruk merupakan tantangan di Peru.

READ  Target restorasi bakau Indonesia bisa kehabisan lahan, studi memperingatkan

Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-41 negara paling tercemar di dunia dengan skor indeks polusi sebesar 67. Kota Jakarta, Pokor, Debok, Tangerang, dan Bekasi (Japodetabek) beberapa kali mencatat polusi udara terparah.

Melinda Duwee Puspita

Seleksi Guru: 11 Negara Terindah untuk Dikunjungi untuk Liburan Sepi di Tahun 2024

klik disini mendapatkan Berita terkini Tempo di Google News