Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Apa itu lahar dingin?  Longsoran gunung berapi menewaskan puluhan orang di Indonesia

Apa itu lahar dingin? Longsoran gunung berapi menewaskan puluhan orang di Indonesia

Kolom abu abu kehitaman “terlihat dengan intensitas tebal, condong ke arah barat,” kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam keterangannya.

Penduduk di pulau tersebut tidak dievakuasi, namun Hendra Gunawan, kepala Pusat Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi, memperingatkan: “Jika abu mulai turun, kami merekomendasikan agar orang-orang di dekat gunung berapi memakai masker dan kacamata.”

Paparan abu vulkanik – yang merupakan batuan yang hancur dan terkadang mengandung partikel kasar atau korosif – dapat menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan.

Gunung berapi tersebut mengalami letusan kecil pada hari Sabtu, memuntahkan lava dan abu serta menyebabkan kilatan petir yang dramatis.

58 letusan per hari

Pulau Halmahera memiliki kepadatan gunung berapi aktif tertinggi dibandingkan wilayah mana pun di Indonesia, termasuk Gunung Ibu, yang dapat dikunjungi wisatawan pada periode aktivitas seismik yang lebih tenang.

Pada tahun 2023, tercatat total 21.100 letusan – rata-rata 58 letusan per hari – dari gunung berapi yang merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia ini.

Dikenal sebagai “Cincin Api” Pasifik, Indonesia sering mengalami gempa bumi dan aktivitas gunung berapi.

Bulan lalu, Gunung Ruang di provinsi Sulawesi Utara meletus lebih dari setengah lusin kali, menyebabkan ribuan pulau terdekat dievakuasi dan penutupan bandara internasional terdekat. Ini adalah tingkat kewaspadaan tertinggi.

Sekitar 800 orang penghuni Pulau Ruang akan direlokasi secara permanen.

READ  Grop membeli 4% saham di perusahaan teknologi Indonesia Mtech