Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Puluhan orang tewas dan puluhan jenazah ditemukan setelah rumah terendam banjir bandang di Indonesia

Puluhan orang tewas dan puluhan jenazah ditemukan setelah rumah terendam banjir bandang di Indonesia

Casperman Bliang, Pers Terkait

22 menit yang lalu

Puing-puing mobil tergeletak di desa terdampak banjir bandang di Tanah Dadar, Sumatera Barat, Minggu 12 Mei 2024. Hujan deras dan aliran lahar dingin serta lumpur melanda lereng gunung berapi di Pulau Sumatera, Indonesia. Banjir menewaskan dan melukai beberapa orang, kata para pejabat pada Minggu. (Foto AP/Fachri Hamzah)

BATANG, Indonesia (AP) — Sedikitnya 41 orang tewas dan 17 lainnya hilang setelah hujan monsun memicu banjir bandang di pulau Sumatra, Indonesia, menjatuhkan lahar dan lumpur beku.

Sebuah sungai meluap disertai hujan lebat, tanah longsor dari Gunung Marabi, dan lava yang mendingin.

Banjir melanda desa-desa di puncak bukit di empat kabupaten di provinsi Sumatera Barat sebelum tengah malam pada hari Sabtu. Banjir menyapu bersih banyak orang dan merendam hampir 200 rumah dan bangunan, beberapa di antaranya rusak parah, kata Abdul Muhari, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Lahar dingin, juga dikenal sebagai lahar, merupakan campuran material vulkanik dan kerikil yang mengalir menuruni lereng gunung berapi saat hujan.

Tim penyelamat menemukan lebih banyak jenazah pada hari Senin, sebagian besar dari desa-desa yang terkena dampak paling parah di Kabupaten Agam dan Tanah Dadar, sehingga jumlah korban tewas menjadi 41, kata Ilham Wahab, kepala Badan Mitigasi Bencana Sumatera Barat.

“Cuaca buruk, jalan-jalan rusak dan akses terhalang oleh lumpur tebal dan puing-puing menghambat upaya bantuan,” kata Wahab.

Dia mengatakan sedikitnya 19 orang terluka dalam banjir dan tim penyelamat sedang mencari 17 penduduk desa yang hilang.

Banjir bandang pada Sabtu malam menutup jalan-jalan utama di sekitar kawasan Air Terjun Lembah Anai di distrik Tanah Thatar dengan lumpur, memutus akses ke kota-kota lain, kata Kapolsek Batang Panjang Kartyana Putra pada Minggu.

READ  Ketua Eksekutif Wellard John Klebeck mengatakan pasar Indonesia secara efektif tertutup bagi eksportir ternak

Video yang dirilis Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional menunjukkan sungai berwarna coklat tua tertutup lumpur tebal, bebatuan dan pohon tumbang serta jalan berubah menjadi perkampungan.

Hujan lebat sering kali menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang di Indonesia, yang merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 pulau, tempat jutaan orang tinggal di daerah pegunungan atau dekat dataran banjir.

Sedikitnya 26 orang tewas dan 11 orang hilang setelah hujan lebat memicu banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat.

Letusan mendadak di Gunung Marabi menewaskan 23 pendaki akhir tahun lalu.

Marabi terkenal dengan letusan mendadak karena sumbernya dangkal dan dekat dengan puncak, dan letusannya tidak disebabkan oleh pergerakan magma dalam yang menyebabkan getaran yang tercatat pada monitor seismik, kata pusat gempa di Indonesia. Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi.

Marabi aktif sejak letusannya pada Januari 2024 dan tidak menimbulkan korban jiwa. Ini adalah salah satu dari lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia. Terletak di “Cincin Api” Pasifik, yaitu busur gunung berapi dan garis patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik, negara ini rentan terhadap gejolak seismik.

___

Ninik Karmini berkontribusi pada laporan ini dari Jakarta, Indonesia.