Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

AgriTech Semaai Indonesia Mengumpulkan Pendanaan Pra-Seri A senilai $4,7 Juta yang Dipimpin oleh CyberAgent Capital

AgriTech Semaai Indonesia Mengumpulkan Pendanaan Pra-Seri A senilai $4,7 Juta yang Dipimpin oleh CyberAgent Capital

musimSebuah startup agritech Indonesia telah mengumpulkan $4,7 juta yang merupakan gabungan pendanaan ekuitas dan utang.

CyberAgent Capital memimpin putaran investasi dengan partisipasi dari investor baru Sumitomo Corporation Equity Asia, Ruvento, MyAsiaVC dan Heracles Ventures, kata Semaai dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Investor lama Semaai, Peak XV’s Surge, Accion Venture Lab, dan Beenext juga berpartisipasi dalam putaran ini.

Setelah mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama setahun, total pendanaan Cema pada putaran terakhir ini kini telah mencapai $7,6 juta.

Semaai berencana menggunakan pendanaan baru ini untuk memperluas layanan konsultasi pertaniannya kepada pengecer pertanian dan petani, menyediakan solusi fintech yang canggih, dan berkolaborasi dengan perusahaan fintech untuk memperkuat kehadirannya di Jawa Tengah.

Terdapat lebih dari 8.200 desa di wilayah tersebut dan Semaai berencana menutup 75 persen desa tersebut pada akhir tahun 2024.

Dalam 12 bulan terakhir, pendapatan bersih perusahaan meningkat lebih dari lima belas kali lipat dan basis pengguna pasar Togo Tani meningkat dua kali lipat.

Selain itu, fitur konsultasinya telah mengalami peningkatan adopsi delapan kali lipat dalam enam bulan terakhir dan digunakan oleh sebagian besar pengguna aktif Semaine.

“Dengan pendanaan baru ini, perusahaan kami akan berkolaborasi dengan lembaga keuangan dan penyedia fintech untuk memperluas solusi fintech tertanam kami, yang telah melipatgandakan total volume transaksi Semaai dalam dua belas bulan terakhir.

“Salah satu tujuan kami adalah menyediakan ekosistem digital terintegrasi bagi para pengecer pertanian dan petani kecil di Indonesia untuk mengatasi gangguan dalam rantai pasokan,” kata Muhammad Yoga Anindito, salah satu pendiri dan CEO Semaai.

Semaai adalah perusahaan ‘Farmer First’ yang mengembangkan solusi teknologi pertanian lengkap untuk petani dan usaha kecil, kecil dan menengah (UMKM) pedesaan seperti Toko Tanis di Indonesia untuk meningkatkan potensi pendapatan mereka dan mendapatkan akses terhadap pembiayaan dan layanan yang lebih baik. dan pasar baru.

READ  Kepresidenan Prabowo baik untuk kepentingan Australia

Melalui jaringan pusat pemberian layanan yang berkembang, Semaai menawarkan serangkaian layanan pertanian seperti konsultasi yang dipersonalisasi, alat produktivitas, dan input pertanian seperti benih dan pupuk.

“Pertanian merupakan penyumbang terbesar ketiga terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia secara keseluruhan.

“Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa sektor ini memiliki potensi yang sangat besar, namun sayangnya, sektor ini didorong secara tradisional tanpa adanya paparan signifikan terhadap adopsi digital,” kata Kevin Wijaya, Direktur Kantor CyberAgent Indonesia, CyberAgent Capital.

“Akibatnya, peningkatan produktivitas dan peluang pertumbuhan tidak dimanfaatkan,

“Dengan pengalaman panjang tim pendiri di sektor pertanian, kami yakin Semaai akan merevolusi sektor pertanian Indonesia melalui pendekatan offline-to-online, khususnya dalam rantai pasok input pertanian,” tambahnya.

CyberAgent Capital adalah perusahaan CVC tahap awal di Jepang yang terkenal dengan investasi di Tokopedia, KakaoTalk, Tiki.vn, aCommerce, dan banyak lagi.

Menurut laporan tersebut, sektor pertanian Indonesia, bersama dengan kehutanan dan perikanan, tumbuh sebesar 1,46 persen secara tahunan dan 1,61 persen secara triwulanan.

Mengutip data Badan Pusat Statistik tahun 2023, sektor pertanian menyumbang Rp397.291,202 miliar terhadap PDB Indonesia atau 12,71 persen dari total PDB.

Meskipun merupakan salah satu kontributor terbesar bagi perekonomian nasional, sektor pertanian Indonesia masih menghadapi banyak tantangan, seperti terbatasnya akses terhadap pembiayaan, rantai pasokan yang panjang, dan rendahnya adopsi teknologi.

Untuk menjawab tantangan ini, perusahaan menawarkan tiga layanan penting yang banyak digunakan oleh petani dan pengecer pertanian, yaitu: pasar digital business-to-business (B2B) untuk input pertanian seperti benih dan pupuk, dan pengembangan layanan konsultasi pertanian.
Praktik pertanian dan layanan keuangan bekerja sama dengan lembaga keuangan dan penyedia fintech.

Semaai juga mengatakan bahwa layanan konsultasi pertanian yang diluncurkan awal tahun ini telah diadopsi oleh sebagian besar penggunanya.

READ  Pria Indonesia ditangkap dalam kasus pembunuhan bos Melaka

Dikatakan bahwa lembaga tersebut menyediakan akses ke berbagai konten pendidikan, yang disusun dengan rapi berdasarkan jenis tanaman, dengan fokus pada hama dan penyakit yang berhubungan dengan tanaman.

Konten tersebut membantu pengguna untuk memahami sepenuhnya kompleksitas masalah tanaman dan memberdayakan mereka untuk melakukan mitigasi dan memecahkan masalah di masa depan.

Pengguna merekomendasikan produk dari platform pasar Semain, yang dikirimkan ke depan pintu rumah mereka tanpa repot. Kombinasi unik antara bisnis dan logistik
Digabungkan ke dalam layanan konsultasi Semaai, memanfaatkan fitur ini akan memberikan nilai dan manfaat yang signifikan bagi pengecer pertanian dan petani.

Beleaf Indonesia Menerima Pendanaan Seri A $6,85 Juta Dari Alpha JWC Ventures, Perusahaan OpenSpace