Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Warga mengungsi saat gunung berapi Indonesia Gunung Semeru meletus: NPR

Seorang pria menyaksikan Gunung Semaru memuntahkan material vulkanik saat meletus Minggu, 4 Desember 2022, di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Gunung berapi tertinggi di pulau Jawa terpadat di Indonesia meletus pada hari Minggu.

AP


Sembunyikan judul

Ubah judulnya

AP

Seorang pria menyaksikan Gunung Semaru memuntahkan material vulkanik saat meletus Minggu, 4 Desember 2022, di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Gunung berapi tertinggi di pulau Jawa terpadat di Indonesia meletus pada hari Minggu.

AP

JAKARTA, Indonesia — Gunung berapi tertinggi di pulau terpadat di Indonesia ini melepaskan awan gas dan sungai lava pada Minggu dalam letusan terbarunya.

Hujan monsun akhirnya mengikis Gunung Semeru setinggi 3.676 meter (12.060 kaki), menyebabkan kubah vulkanik runtuh dan meletus, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Abdul Muhari.

Banyak desa tertutup abu, menghalangi matahari, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan. Ratusan warga yang mukanya tertutup debu vulkanik dan hujan, mengungsi ke tempat penampungan sementara atau tempat aman lainnya.

Kolom abu tebal terlempar 1.500 meter (hampir 5.000 kaki) ke langit, sementara gas dan lava mengalir menuruni lereng Semaru menuju sungai terdekat.

Peningkatan aktivitas gunung berapi pada Minggu sore mendorong pejabat untuk memperluas zona bahaya hingga 8 kilometer (5 mil) dari kawah, kata Hendra Gunawan, kepala Pusat Vulkanologi dan Pengurangan Bencana Geologi.

Dia mengatakan para ilmuwan menaikkan tingkat siaga gunung berapi ke maksimum, dan masyarakat disarankan untuk menghindari bagian tenggara Sungai Besuk Kobokan, yang berada di jalur aliran lahar.

Letusan besar terakhir Semaru terjadi pada Desember tahun lalu, saat meletus dengan dahsyat, menewaskan 51 orang di desa-desa yang terkubur lapisan lumpur. Beberapa ratus orang menderita luka bakar parah dan ledakan tersebut memaksa lebih dari 10.000 orang dievakuasi. Pemerintah mengevakuasi sekitar 2.970 rumah dari zona bahaya.

READ  Kilang minyak di Indonesia terbakar, memicu emisi

Semeru, juga dikenal sebagai Mahameru, telah meletus beberapa kali dalam 200 tahun terakhir. Namun, seperti banyak dari 129 gunung berapi di Indonesia, puluhan ribu orang terus hidup di lerengnya yang subur.

Indonesia, negara kepulauan berpenduduk lebih dari 270 juta orang, terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, garis patahan berbentuk tapal kuda, dan rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas gunung berapi.