April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Video viral memperlihatkan Gunung Marabi di Indonesia meletus pada Desember 2023

Video viral memperlihatkan Gunung Marabi di Indonesia meletus pada Desember 2023

Mengeklaim:

Video yang dibagikan di X memperlihatkan letusan Gunung Marabi di Indonesia pada Desember 2023.

Evaluasi:

Pada awal Desember 2023, A Video dulu disebarluaskan Media sosial memperlihatkan letusan Gunung Marabi di Indonesia.

Menurut Reuters dilaporkanGunung berapi Marabi di provinsi Sumatera Barat Indonesia meletus pada 3 Desember. Keesokan harinya, 11 pendaki ditemukan tewas dan 12 hilang. Desember. Pada pukul 5, jumlah korban tewas akibat ledakan tersebut ditingkatkan Sampai tanggal 22. Namun, beberapa pengguna media sosial berpendapat bahwa video viral tersebut tidak menyertakan letusan Gunung Marafi pada Desember 2023. Misalnya komentar di X (sebelumnya Twitter) Berdasarkan“Informasinya benar tapi rekaman ini palsu, bukan dari Gunung Marabi.”

Kami menggunakan penelusuran gambar terbalik Google untuk menyelidiki asal muasal video tersebut. Itu Hasil Video tersebut telah dibagikan beberapa kali sebelum tahun 2023, sehingga tidak menampilkan letusan Desember 2023.

Berbagai media sosial posting dari 2020 Gambar ini tidak menunjukkan Gunung Merapi, melainkan Gunung Merapi, gunung berapi lain yang terletak di Indonesia dengan nama yang hampir sama.

“Gunung Merapi di Indonesia Meletus,” viral di YouTube VideoSebuah keterangan yang dibagikan pada bulan Maret 2020 telah dibaca. Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut telah ditonton lebih dari 4,7 juta kali.

Visual juga digunakan berita Artikel Tentang letusan Merabi Maret 2020. Namun, salah satu artikelnya dialihkan ke Facebook Surat Dikatakan bahwa video tersebut tidak menunjukkan letusan Gunung Merabi pada Maret 2020:

Ya! Tak Hanya Indonesia yang Bermasalah dengan Virusnya, Gunung Merabi di Jogja Meletus Hari Ini!! (Video dari Internet)

*UPDATE: Ternyata video di bawah ini bukan dari letusan hari ini…Saya tidak mau menyebarkan berita bohong…Gunung Merabi hari ini meletus dan memuntahkan abu setinggi 5000 meter, keren videonya, tapi videonya bukan dari hari ini… Terima kasih sudah mengingatkan saya Muhammad Gunawan…

3 Desember 2023, Surat Video yang dibagikan di X tidak memperlihatkan Marab atau Merab, melainkan Gunung Sinabung yang sedang meletus:

Hal ini sejalan dengan penelitian kami yang menemukan bahwa tahun 2018 adalah pertama kalinya video dibagikan secara online. Surat Sejak Februari 2018 Sudobo Purwo Nugroho, yang saat itu-Pembicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) punya video yang dimaksud.

Postingannya dalam bahasa Inggris (kami terjemahkan dari bahasa Indonesia menggunakan Google Translate):

Keagungan letusan Gunung Sinabung. Ketinggian kolom mencapai 5 km dan awan termal melayang hingga 4,9 km. Suaranya keras. Ini adalah pertama kalinya sejak 2014-2018 terjadi ledakan yang disertai suara gemuruh. Tidak ada korban jiwa yang terjadi. Seluruh warga yang berada di zona merah sudah lama dievakuasi. #Gunung berapi #Sinabang

A Surat Mulai Februari 2018, stasiun radio Indonesia Radio Elshinda juga memberitakan cuplikan yang menunjukkan letusan Gunung Sinabung yang terletak di Indonesia. Seorang penjaga keamanan Artikel Dibagikan pada 20 Februari:

Indonesia telah meningkatkan peringatan udara ke tingkat tertinggi di sekitar gunung berapi Gunung Sinabung, yang mengirimkan abu lebih dari 7 km (4,4 mil) ke udara, mengubah siang menjadi malam bagi penduduk sekitar.

Daerah di sekitar kawah gunung berapi, yang terletak sekitar 1.900 km barat laut ibu kota Jakarta di pulau Sumatera, telah dilarang selama bertahun-tahun karena seringnya aktivitas gunung berapi.

Kesimpulannya, video tersebut bukan menampilkan erupsi gunung merabi pada bulan desember 2023 atau erupsi gunung merabi tahun 2020, melainkan erupsi gunung berapi sinabung pada bulan februari 2018, kami salah menilai video ini.

READ  Klip Jurnalis Terkemuka Indonesia Diedit Secara Palsu untuk Menunjukkan 'Mendukung' Calon Presiden

Ini bukan pertama kalinya rumor viral tentang gunung berapi diverifikasi sebagai fakta. Misalnya, pada Agustus 2023, kami menyelidiki apakah foto yang dibagikan di media sosial menggambarkan letusan Gunung Api Biru di Etiopia. Pada bulan Mei 2017, kami membantah video yang menunjukkan gunung berapi berwarna merah muda meletus di Selandia Baru.

bukti

Tapcevich, Madison. Apakah gambar menunjukkan ‘lava biru’ meletus dari gunung berapi di Ethiopia?” snopes27 Agustus 2023, https://www.snopes.com/fact-check/volcano-blue-lava/.

Evan, Dan. “Apakah gunung berapi berwarna merah muda meletus di Selandia Baru?” snopes9 Mei 2017, https://www.snopes.com/fact-check/pink-volcano/.

“Gunung Berapi Marabi di Indonesia Meletus, 22 Orang Tewas; Satu lagi hilang. Reuters5 Desember 2023. www.reuters.comhttps://www.reuters.com/world/asia-pacific/experts-say-they-warned-dangers-climbing-indonesias-mt-marapi-after-13-die-2023-12-05/.

“Gunung Berapi Marabi di Indonesia Meletus, 11 Pendaki Tewas; 12 hilang. Reuters5 Desember 2023. www.reuters.comhttps://www.reuters.com/world/asia-pacific/eleven-climbers-killed-indonesia-volcano-erupts-survivors-found-official-2023-12-04/.

“Gunung Marabi di Indonesia Meletus, Keluarkan Abu.” Reuters3 Desember 2023. www.reuters.comhttps://www.reuters.com/world/asia-pacific/indonesias-marapi-volcano-erupts-spewing-ash-2023-12-03/.

Reuters. “Indonesia mengeluarkan peringatan terbangnya abu vulkanik setelah Gunung Sinabung meletus.” Wali20 Februari 2018. Walihttps://www.theguardian.com/world/2018/feb/20/indonesia-flight-warnings-mount-sinabung-volcano-ash-cloud.