April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Video tersebut memperlihatkan penerjun payung profesional yang melakukan aksi tersebut, bukan politisi Indonesia

Video tersebut memperlihatkan penerjun payung profesional yang melakukan aksi tersebut, bukan politisi Indonesia

Sebuah video penerjun payung profesional yang terjun ke postingan media sosial Indonesia yang secara keliru mengklaim bahwa politisi Agus Harimurthy Yudhoyono ikut serta dalam aksi tersebut selama acara kampanye Partai Demokrat pada Februari 2024 telah ditonton jutaan kali. Video live streaming acara tersebut memperlihatkan Agus menyaksikan pertunjukan dari atas panggung, lalu memberikan ucapan selamat kepada para skydivers.

“Saat AHY jatuh dari langit” Membaca teks stiker berbahasa Indonesia pada a TIK tok Video diposting pada 3 Februari 2024.

Ketua Partai Demokrat Indonesia Agus Harimurthy YudhoyonoPutra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang populer disapa AHY di kepulauan Asia Tenggara (Tautan yang diarsipkan)

Klip berdurasi 19 detik yang telah ditonton lebih dari tiga juta kali itu memperlihatkan seorang pria terjun payung ke tengah kerumunan, disusul spanduk bertuliskan “AHY”.

Judul postingan tersebut mengulangi bahwa aksi tersebut terjadi ketika Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang saat itu mencalonkan diri sebagai presiden, menghadiri sebuah acara di Stadion Gajayana di Malang, provinsi Jawa Timur, Indonesia.

<span>Tangkapan layar postingan yang salah, diambil pada 26 Maret 2024</span>” data-src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/KfGu.0pZTrBMbdbfPnpikA–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTQ3OA–/https://media.zenfs.com/en/afp_factcheck_uk_202/8d6b4c4e27d0349901d9 72e480b8e8 e8 ” /><span></div>
</div>
</div>
<p>div class=” caption-wrapper=”” caption-selaras-dengan-gambar=””/><figcaption class=Tangkapan layar postingan yang salah, diambil pada 26 Maret 2024

Partai Demokrat yang mengusung Agus mendukung kampanye Prabowo pada Pilpres 14 Februari 2024.

Lebih dari sebulan kemudian, pada 20 Maret, Panitia Pemilihan Umum mengukuhkan Prabowo kesuksesanNamun rivalnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, berjanji akan mengajukan tuntutan hukum terkait pemungutan suara tersebut.

Video yang sama dengan klaim palsu serupa di YouTube telah ditonton lebih dari 47.000 kali Di Sini, Di Sini Dan Di SiniDi SnackVideo, situs berbagi video pendek Di SiniBegitu juga di X Di Sini.

Beberapa pengguna meninggalkan komentar yang menyatakan bahwa mereka yakin Agus sendiri yang melakukan aksi tersebut.

“AHY hebat,” menulis Pengguna TikTok, pengguna YouTube dikatakan: “Sangat mengejutkan Pak Ahi”.

<span>Tangkapan layar komentar pengguna media sosial</span>” data-src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/SkUYUq4k8i1UKQzZSIU2sA–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTIyMQ–/https://media.zenfs.com/en/afp_factcheck_uk_202/2731a4cb8c5f9e7f85 4b885eef571a 24″/ ><span></div>
</div>
</div>
<p>div class=” caption-wrapper=”” caption-selaras-dengan-gambar=””/><figcaption class=Tangkapan layar komentar pengguna media sosial

Sebenarnya Agus tidak terjun langsung ke acara tersebut, melainkan menyaksikannya dari platform.

profesional Penyelam langit

Pencarian Gambar Terbalik Google dan Kata Kunci YouTube yang Terintegrasi a Siaran langsung Video acara di Stadion Gajayana diunggah saluran resmi Partai Demokrat pada 1 Februari 2024 ((tautan yang diarsipkan).

Judul video berbahasa Indonesia itu berbunyi: “Reli Massal Partai Demokrat 'Kemenangan Partai Demokrat, Presiden Prabowo'”. Judulnya menyebutkan acara tersebut digelar pada 1 Februari 2024 di sebuah stadion di Malang, provinsi Jawa Timur.

Media lokal dll Di Sini Dan Di SiniEmpat penerjun payung profesional dilaporkan berpartisipasi dalam acara kampanye Partai Demokrat hari itu (tautan yang diarsipkan Di Sini Dan Di Sini)

Pertunjukan parasut dimulai dalam video Satu jam, enam menit dan dua detik Mark, keempatnya terlihat terbang di udara, sedangkan Agus menyaksikan dari kursi di atas panggung bersama ayahnya. Yudhoyono Dan Prabowo.

Rekaman serupa terlihat dalam video seorang skydiver mengikuti spanduk bertuliskan “AHY” hingga mendarat. Satu jam, 11 menit, enam detik Tanda.

Di bawah ini adalah perbandingan tangkapan layar antara rekaman yang digabungkan oleh AFP (kiri) dan siaran langsung yang diunggah oleh Partai Demokrat (kanan), dengan kesamaan yang dicatat oleh AFP, dari video di postingan palsu tersebut:

<span>Perbandingan tangkapan layar antara video di postingan palsu tersebut dengan rekaman yang di-flash oleh AFP (kiri) dan live streaming yang diunggah oleh Partai Demokrat (kanan).</span>” data-src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/CY8RZspcNZ9BKPYVXeiVXQ–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTI4MQ–/https://media.zenfs.com/en/afp_factcheck_uk_202/b5d4e788fdc587a39f4 01bbeab095c23″/><span></div>
</div>
</div>
<p>div class=” caption-wrapper=”” caption-selaras-dengan-gambar=””/><figcaption class=Perbandingan tangkapan layar antara video di postingan palsu tersebut dengan rekaman yang di-flash oleh AFP (kiri) dan live streaming yang diunggah oleh Partai Demokrat (kanan).

Dalam video streaming langsung Satu jam sembilan menit 46 detik Pada gambar tersebut, terlihat tiga politisi yang duduk di panggung sambil mendongak untuk menonton pertunjukan udara: Yudhoyono di kiri, Prabowo di tengah, dan Agus di kanan.

Video adalah Satu jam, 27 menit, 18 detik Tanda itu terlihat Selamat kepada Agus dan Prabowo Empat penyelam langit.

Berikut tangkapan layar siaran langsung Partai Demokrat yang memperlihatkan Yudhoyono, Prabowo, dan Agus menonton pertunjukan udara (kiri) serta Agus dan Prabowo memberi selamat kepada para penerjun payung (kanan):

<span>Tangkapan layar siaran langsung Partai Demokrat yang memperlihatkan Yudhoyono, Prabowo, dan Agus sedang menonton pertunjukan udara</span>” data-src=”https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/pe1EaFf.19jbeRtzzcsa.Q–/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjt3PTk2MDtoPTU0MA–/https://media.zenfs.com/en/afp_factcheck_uk_2020/ a21f17fcf6c7a53d59dce6f1fcc56208″/><span></div>
</div>
</div>
<p>div class=” caption-wrapper=”” caption-selaras-dengan-gambar=””/><figcaption class=Tangkapan layar siaran langsung Partai Demokrat menunjukkan Yudhoyono, Prabowo, dan Agus sedang menonton pertunjukan udara tersebut.
<span>Tangkapan layar live streaming Partai Demokrat yang memperlihatkan Prabowo dan Agus memberikan ucapan selamat kepada para penerjun payung</span>“DATA SRC =” https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/YPELXREC66676K8JMVUOTA–/yxbwawq9agxhbmrlcjt3tk2MDTOPTUPTUPTUPTUPTUPTUPTUPS. //Medtps./Medtps./media 202/CAEE196BC25682A63112CE2FF162D2B 8″/><span></div>
</div>
</div>
<p>div class=” caption-wrapper=”” caption-selaras-dengan-gambar=””/><figcaption class=Tangkapan layar live streaming Partai Demokrat memperlihatkan Prabowo dan Agus memberikan ucapan selamat kepada para penerjun payung.

Agus juga mengunggah foto dirinya dan Prabowo memberikan ucapan selamat kepada keempat skydivers tersebut Akun resmi X Pada tanggal 3 Februari 2024 (Tautan yang diarsipkan)

Politisi itu menjelaskan, program terjun payung tersebut merupakan selingan dari masa jabatan Prabowo, Yudhoyono, dan dirinya. dari Angkatan Darat Indonesia Angkatan Udara (Tautan yang diarsipkan)

AFP telah menolak klaim palsu dan menyesatkan lainnya yang beredar seputar pemilu Indonesia Di Sini.

READ  Otoritas pelabuhan menuduh kehidupan pelaut Indonesia dalam bahaya