Februari 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Video game buatan Indonesia mendapat nilai tinggi berdasarkan budaya lokal

Video game buatan Indonesia mendapat nilai tinggi berdasarkan budaya lokal

JAKARTA – Hal terakhir yang diharapkan Varji Uthama Indonesia untuk melihat toko yang menjual mai bakso, atau mie bakso, adalah video game.

Dan semakin Mr Varji memainkan game petualangan A Space for the Unbound, semakin dia teringat akan rumah, dengan referensi lokalnya ke Indomi, merek mie instan, dan salad buah dan sayuran Rujak.

“Ini adalah hal-hal yang saya lihat di mana-mana di rumah. Permainan ini sangat bagus dan sangat menyenangkan sehingga saya tidak bisa berhenti sampai saya menyelesaikannya,” kata Mr Varjee.

Tidak hanya dia yang memuji game besutan Mojiken Studios asal Surabaya ini yang harganya $18,50 dan bisa dimainkan di konsol game dan PC. Setelah dirilis pada bulan Januari, film ini menjadi berita utama global, dengan para kritikus memuji kisahnya yang menyentuh hati dan grafis pixel-art nostalgia.

A Space for the Unbound adalah yang terbaru dalam gelombang game dari Indonesia yang mendapatkan nilai tinggi dari komunitas game dan memperkenalkan budaya nusantara kepada dunia.

Bertempat di kota pedesaan Indonesia pada tahun 1990-an, game ini dirancang untuk menangkap gambaran seperti apa Surabaya itu, kata kepala eksekutif Mojiken Eka Pramudita.

Selain makanannya, para gamer lokal dan mereka yang akrab dengan Indonesia juga menunjukkan referensi lain tentang landmark ikonik Surabaya, gaya hidup kota kecil dari karakternya, dan film-film yang menjadi penghormatannya.

“Pikiran pertama kami adalah membuat kapsul waktu kota kami, lingkungan kami, dan orang-orangnya, semua rutinitas sehari-hari mereka. Kami ingin menjadikannya nyata, dapat dihubungkan, dan dapat dipercaya. Jadi, wajar saja jika menggambarkan budaya secara otentik semampu kami,” kata Pak Pramudita. .

Tetapi fokusnya adalah menciptakan produk berkualitas, yang menurut para kritikus disampaikan oleh Mojiken. Surat kabar Inggris The Guardian memberikan skor sempurna pada game tersebut, dan akhir tahun lalu, game tersebut dianugerahi Kategori Masa Depan oleh Asosiasi Hiburan Komputer Jepang. Penghargaan bergengsi mengakui keunggulan dalam pertandingan mendatang.

READ  Reli obligasi di Indonesia dengan bantuan minimal dari dana global

Game lain yang menarik perhatian adalah Coffee Dog 2020 dari developer Doge Productions. Game yang dijual seharga $13 di pasar game online Steam, dapat dimainkan di konsol game serta PC dan Mac OS Apple.

Simulator kafe, tempat pemain menyajikan minuman dan terlibat dalam percakapan, memiliki lebih dari 6.500 ulasan positif di Steam dan banyak penggemar online. Outlet berita industri top seperti Kotaku dan IGN juga memberikan ulasan yang bagus.

Doge Productions yang juga penerbit A Space for the Unbound, dan chief executive-nya Chris Anthony mengatakan kesuksesan judul-judul tersebut menunjukkan bahwa game berkualitas bisa keluar dari Indonesia dan regional.