April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Umat ​​Islam di Indonesia menyarankan untuk tidak banyak menunaikan ibadah haji

Umat ​​Islam di Indonesia menyarankan untuk tidak banyak menunaikan ibadah haji

Jakarta. Pemerintah Indonesia pada hari Minggu bersikeras bahwa umat Islam hanya boleh melakukan ibadah haji sekali seumur hidup karena antrean yang tidak ada habisnya.

Arab Saudi memberi Indonesia kuota haji terbesar di dunia, yang dapat menampung 200.000 jamaah setiap musimnya, sehingga umat Islam di Indonesia harus menunggu bertahun-tahun setelah mendaftar ke Kementerian Agama sebelum mendapat giliran.

“Menurut saya, menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup saja sudah cukup,” kata Menteri Pembangunan Manusia dan Integrasi Kebudayaan Muhadjir Effendi seperti dikutip situs berita Kompas.

Menteri menegaskan, meski banyak masyarakat yang memiliki fasilitas untuk menunaikan ibadah haji berkali-kali, namun prioritas harus diberikan kepada mereka yang sudah menunggu bertahun-tahun dan belum menunaikan ibadah haji.

Muhadjir mencontohkan, sejak menjabat di kabinet, ia menahan diri untuk tidak menggunakan statusnya untuk berziarah berulang kali.

“Jika memang ingin kembali menunaikan ibadah haji, bisa memilih ibadah umrah singkat,” saran Muhadjir.

Berbeda dengan ibadah haji tahunan, umrah bisa dilakukan kapan saja sehingga tidak mempengaruhi daftar tunggu yang sudah padat.

“Anda bisa menunaikan umrah setiap bulan jika Anda mau,” kata menteri.

Dengan masa tunggu yang lama, risiko meningkat bagi jamaah haji Indonesia. Data pemerintah menunjukkan bahwa sekitar 43 persen jamaah berusia 60 tahun atau lebih.

Tahun ini saja, sebanyak 774 jemaah Indonesia meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, sebagian besar korbannya adalah lansia.

Awal pekan ini, pejabat yang sama mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan peraturan untuk membatasi ibadah haji hanya pada satu acara saja.

Tahun ini Indonesia mengirimkan 229.000 jamaah ke kota suci Mekkah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, yang merupakan kuota haji terbesar yang pernah diterima negara tersebut.

READ  Di Indonesia, kepercayaan datang secara bertahap

Tag: Kata Kunci: