Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tim penyelamat Indonesia terus mencari sungai dan puing-puing setelah banjir bandang yang menewaskan sedikitnya 50 orang

Tim penyelamat Indonesia terus mencari sungai dan puing-puing setelah banjir bandang yang menewaskan sedikitnya 50 orang

TANA DADAR, Indonesia (AP) — Tim penyelamat pada hari Selasa mencari mayat di sungai dan reruntuhan desa yang hancur, jika memungkinkan, untuk mencari korban yang selamat. banjir bandang Itu melanda pulau Sumatra di Indonesia pada akhir pekan.

Hujan monsun dan tanah longsor dari Gunung Marabi serta sungai lava yang mendingin telah meluap. Banjir menyapu desa-desa berbukit di empat kabupaten di provinsi Sumatera Barat sebelum tengah malam pada hari Sabtu.

Banjir menyapu bersih orang dan 79 rumah serta menenggelamkan ratusan rumah dan bangunan, memaksa lebih dari 3.300 warga mengungsi ke tempat penampungan sementara pemerintah, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Abdul Muhari.

Muhari mengatakan 50 jenazah telah dikeluarkan dari lumpur dan sungai pada hari Selasa, sebagian besar di wilayah Agam dan Tanah Dadar yang paling parah terkena dampaknya, sementara tim penyelamat sedang mencari 27 orang yang dilaporkan hilang.

Laporan TV menunjukkan petugas penyelamat menggali secara intensif dengan jackhammers, gergaji bundar, peralatan pertanian dan terkadang tangan kosong di distrik Agham, di mana desa-desa berubah menjadi sungai berwarna coklat tua dan desa-desa tertutup lumpur tebal, batu, dan pohon tumbang.

Sejumlah petugas penyelamat sedang melakukan pencarian di sungai di sekitar Air Terjun Lembah Anai di distrik Tanah Dadar, di mana berton-ton tanah, batu, dan pepohonan tersapu banjir bandang.

Tim penyelamat fokus menemukan empat orang dari tujuh orang yang hanyut bersama mobil mereka. Tiga jenazah lagi ditemukan pada hari Senin, kata Abdul Malik, kepala kantor pencarian dan penyelamatan di ibu kota provinsi, Batang.

“Dengan banyaknya orang hilang dan beberapa daerah terpencil masih tidak dapat diakses, jumlah korban jiwa mungkin bertambah,” kata Malik.

READ  Perkembangan Terkini Perekonomian: Perekonomian Indonesia Akan Berkembang sebesar 5,11% (Y/Y) pada Q1-2024

Hujan lebat sering kali menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang di Indonesia, yang merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 pulau, tempat jutaan orang tinggal di daerah pegunungan atau dekat dataran banjir.

Bencana akhir pekan datang dua bulan kemudian Hujan deras menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor Di Sumatera Barat, sedikitnya 26 orang tewas dan 11 orang hilang.

Sebuah ledakan yang mengejutkan Gunung Marabi akhir tahun lalu Membunuh 23 pendaki. pegunungan Ledakan tiba-tiba Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Indonesia, sumbernya sulit diprediksi karena dangkal dan dekat dengan puncak.

Marabi adalah babak pertama Letusan pada Januari 2024 Tidak ada korban jiwa. Ini adalah salah satu dari lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia. Negara ini Rawan gejolak seismik Karena Pasifik terletak di “Cincin Api”, yaitu busur gunung berapi dan garis patahan di sekitar Cekungan Pasifik.

___

Penulis Associated Press Ninik Karmini di Jakarta, Indonesia berkontribusi untuk laporan ini.