Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tim Indonesia-Jepang menemukan sisa-sisa tentara PD II di Papua

Tim Indonesia-Jepang menemukan sisa-sisa tentara PD II di Papua

JAKARTA, 30 Juni (Bernama) — Upaya bersama antara Indonesia dan Jepang berhasil menemukan sembilan jenazah yang diyakini milik tentara Jepang pada Perang Dunia II, di Distrik Biak Numphor, Provinsi Papua.

Didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia serta Jepang, penemuan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman sejarah bagi wisatawan Jepang yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Jenazah manusia yang saat ini berada di Jakarta akan menjalani tes DNA untuk identifikasi pasti, kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Kebudayaan Hilmar Farid dalam sebuah pernyataan.

Inisiatif ini didasarkan pada perjanjian bilateral mengenai penggalian, pengumpulan dan pemulangan jenazah korban perang Jepang di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Judy Vahjudin, direktur pelestarian budaya kementerian, menekankan pentingnya langkah ini, dan menyoroti perjanjian yang berlaku hingga tahun 2025, sebagai komitmen terhadap pelestarian sejarah dan kerja sama internasional.

“Misi kami adalah untuk mengidentifikasi tentara-tentara ini, mendukung pembangunan sosio-ekonomi lokal, melestarikan sumber daya bersejarah dan memberikan penutupan kepada keluarga dan komunitas yang terkena dampak melalui repatriasi setelah teridentifikasi,” tambahnya.

Dia mengatakan sisa-sisa sembilan tentara Jepang mewakili jumlah yang kecil dibandingkan dengan puluhan ribu tentara Jepang yang ditempatkan secara luas di seluruh kepulauan selama Perang Dunia II.

Tahun 1944 menandai titik balik bagi kepulauan tersebut, dengan pertempuran sengit antara pasukan Jepang dan Amerika, khususnya di Biak Enfor dan berbagai wilayah di Papua.

— nama


BERNAMA menyediakan berita dan informasi terkini yang otentik dan komprehensif yang disebarluaskan melalui kabel BERNAMA; www.bernama.com; Bernama TV di saluran Astro 502, Unify TV 631 dan MyTV 121 IFLIX dan Bernama Radio di FM93.9 (Klang Valley), FM107.5 (Johor Bahru), FM107.9 (Kota Kinabalu) dan FM10000 (Kota Kinabalu) di freK100. 9.

READ  Indonesia memindahkan lokasi latihan militer ASEAN pertama dari Laut China Selatan

Ikuti kami di media sosial:
Facebook: @bernamaofficial, @bernamatv, @pernamaradio
Twitter: @bernama.com, @Bernama TV, @pernamaradio
Instagram: @bernamaofficial, @bernamatvofficial, @bernamaradioofficial
TIK tok: @bernamaofficial