Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Terinspirasi dari Estonia, Indonesia menyelenggarakan festival berkonsep

Terinspirasi dari Estonia, Indonesia menyelenggarakan festival berkonsep

Pada akhir Oktober tahun ini, Indonesia mengadakan festival berkonsep yang terinspirasi dari Estonia dan dihadiri oleh hampir 4.000 orang.

Citizen OS, sebuah organisasi nirlaba yang dimulai di Estonia dan telah merambah internasional, memiliki cabang yang terdaftar secara sah di Indonesia sejak tahun 2022. LSM ini menyelenggarakan berbagai program terkait demokrasi di seluruh negeri, termasuk Festival Opini Nasional.

Ide untuk menyelenggarakan festival untuk mempromosikan budaya yang lebih baik dan demokratis datang ke Augustina Iskandar Krombach selama kunjungannya ke Estonia, di mana ia belajar tentang ide festival demokrasi dan bertemu dengan beberapa pemimpin yang terlibat dalam penyelenggaraan Festival Ide Estonia (Arvamusfestival) . – acara tahunan yang diadakan di kota Beit, Estonia sejak 2013.

Indonesia Concept Festival 2023, Agustina Iskandar Krombach, duduk di tengah. Foto oleh Milica Hirmo.

“Pada tahun 2020, banyak penelitian menunjukkan bahwa indeks demokrasi Indonesia menurun dan masyarakat kurang berani menyampaikan pendapat. saya hadir Festival Komentar Berkat webcastnya di Estonia, hal ini sangat menyentuh hati saya,” kata Krombach.

“Sebagai warga negara, saya menyadari bahwa kita harus menjadi bagian dalam menciptakan ruang di mana masyarakat dapat menyampaikan pendapatnya, di mana terdapat budaya diskusi yang baik dan aman serta tidak perlu takut akan sanksi atau pelecehan untuk menyampaikan pendapat yang berbeda atau lebih kritis. ,” dia menambahkan. .

Pemuda merupakan kelompok sasaran utama

Sasaran utama Indonesia Opinion Festival adalah kaum muda, karena Krombach dan timnya mengamati bahwa kaum muda dikucilkan dari kehidupan politik dan proses pengambilan keputusan.

Indonesia Concept Festival 2023. Foto oleh Meelica Hirmo.
Indonesia Concept Festival 2023. Foto oleh Meelica Hirmo.

Acara tahun ini mencakup topik-topik seperti pemuda dan pemilu 2024 mendatang, perempuan dalam politik, pemikiran kritis dan kecerdasan buatan, keuangan dan modal sosial, empati, kebebasan berpendapat dan dampak gaya hidup terhadap perubahan iklim.

READ  Sumber mengatakan seorang pejabat senior Indonesia telah melakukan kunjungan rahasia ke Israel

Indonesia Concept Festival diadakan di Bali, Jawa, Aceh dan secara online pada tanggal 24 hingga 29 Oktober. Acara ini dihadiri oleh pejabat dan pemimpin pemerintah, organisasi, aktivis masyarakat sipil, pemuda dan perwakilan masyarakat lokal; Lebih dari 200 relawan menyelenggarakan acara tersebut.

Indonesia Concept Festival 2023. Foto oleh Meelica Hirmo.

Penyelenggara yang berbasis di Indonesia, Agustina Iskandar Krombach bukan satu-satunya acara yang terinspirasi oleh Estonia – ia adalah salah satu pemimpin lokal Hari Kebersihan Sedunia, yang berasal dari Estonia.

OS Warga adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Estonia pada tahun 2019, namun memiliki jangkauan internasional. Citizen OS bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan dengan dukungan teknologi baru. Citizen OS menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan mengenai demokrasi dan menyediakan platform partisipasi elektronik dan pengambilan keputusan yang gratis dan bersumber terbuka untuk mempromosikan budaya debat publik dan pengambilan keputusan di seluruh dunia.