Desember 8, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tencent Cloud China meluncurkan pusat data pertama di Indonesia

Jakarta (Jakarta Post / ANN): Penyedia layanan cloud Tiongkok Tencent Cloud meluncurkan Internet Data Center (ITC) di Jakarta pada Senin (12 April), perusahaan pertama perusahaan di Indonesia, untuk menangkap bagian dari komputasi awan yang tumbuh paling cepat di negara itu. . Pasar.

IDC Cloud, anak perusahaan Tencent Holdings Ltd., salah satu perusahaan teknologi terbesar di China, memungkinkan IDC untuk tetap berhubungan dengan pengguna Indonesia, memfasilitasi transfer data yang lebih cepat, dan mempercepat transformasi digital di berbagai industri.

“Indonesia memiliki dividen statistik internet yang sangat besar dengan pasar internet seluler yang berkembang pesat. Kami sangat senang meluncurkan ITC pertama kami di sini untuk membantu meningkatkan kapabilitas komputasi awan di negara ini,” kata Bosho Yung, Wakil Presiden Senior, Tencent Cloud International.

Indonesia adalah salah satu pasar komputasi awan yang tumbuh paling cepat di kawasan Asia-Pasifik, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar $ 200 juta pada tahun 2018 menjadi $ 800 juta pada tahun 2023, menurut laporan Boston Consulting Group.

Tencent menambahkan raksasa teknologi seperti Alibaba, Microsoft dan Amazon untuk menangkap bagian dari ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Alibaba Cloud berencana untuk membuka pusat data ketiga di Indonesia tahun ini, sementara Microsoft Azure telah mengumumkan rencana untuk mendirikan pusat data pertamanya, tetapi pada waktu yang tidak ditentukan Amazon Web Services (AWS) baru-baru ini meluncurkan lokasi edge pertamanya dengan rencana infrastruktur di Jakarta. “Wilayah” di Jakarta pada tahun 2022 adalah yang terbaru.

ITC Tencent Cloud di Indonesia menandai availability zone ke-61, yang mencakup lebih dari 27 area. Di Asia Tenggara, Tencent Cloud memiliki zona yang tersedia di Bangkok, Thailand, dan Singapura.

READ  GOP is rapidly becoming a blue collar party. The meaning for the future is here.

Pelanggan Tencent Cloud termasuk bank Indonesia Neo Commerce dan layanan streaming musik yang berbasis di Hong Kong, JOOX.

Tencent mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan membuka kantor baru di Singapura yang berfungsi sebagai hub regional untuk Asia Tenggara, karena kawasan tersebut telah terbukti menjadi pasar yang penting bagi perusahaan.

Permintaan komputasi awan di Indonesia didorong oleh pertumbuhan ekonomi digitalnya, yang diperkirakan akan mencapai $ 124 miliar pada tahun 2025.

Jika ini terjadi, negara akan bertanggung jawab atas hampir setengah dari ekonomi digital Asia Tenggara tahun itu, menurut laporan Google, Temasek dan Payne & Company 2020 e-Gonomy SEA. – Jaringan Berita Jakarta Post / Asia