Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Singapura telah menolak klaim bahwa mereka digunakan sebagai ‘platform’ untuk pemilihan presiden Indonesia

Singapura telah menolak klaim bahwa mereka digunakan sebagai ‘platform’ untuk pemilihan presiden Indonesia

Itu Singapura Pemerintah pada hari Kamis membantah tuduhan bahwa mereka digunakan sebagai “platform”. pemilu bulan Februari di IndonesiaKementerian Dalam Negeri (MHA) mengatakan pihaknya mengetahui adanya dugaan dana untuk mendukung “kandidat tertentu” di negara kota tersebut.

Dalam pernyataannya, MHA tidak menyebutkan siapa calonnya atau rincian pihak yang menyebarkan klaim tersebut.

“Pemerintah Singapura mengambil sikap yang jelas dan tegas terhadap impor politik dari negara lain ke Singapura. “Orang-orang yang berkunjung, bekerja atau tinggal di Singapura tidak boleh menggunakan Singapura untuk melakukan kampanye politik atau penggalangan dana untuk mengejar agenda politik di luar negeri,” katanya, seraya menekankan bahwa pihak berwenang akan “menindak tegas” siapa pun yang melakukan hal tersebut.

Seorang pengendara mobil melewati spanduk bergambar calon anggota parlemen yang sedang berkampanye di sebuah jalan di Jakarta. Foto: EPA-EFE
Minggu ini di Asia memahami bahwa tuduhan tersebut dibuat di saluran YouTube Abraham Samad, mantan kepala organisasi tersebut IndonesiaKomisi Pemberantasan Korupsi.
Dalam video berdurasi hampir satu jam berjudul Kebocoran Intelijen: Tiga Negara Asing Berencana Kendalikan Pilpres 2024Samath dan analis politik Madigu Vovic Prashantyo mengatakan CinaItu Amerika dan Singapura mencoba ikut campur dalam pemungutan suara Indonesia.

Laporan MHA muncul beberapa minggu setelah badan intelijen keuangan Indonesia mengumumkan bahwa mereka telah mengungkap transaksi mencurigakan senilai jutaan dolar terkait pemilu 14 Februari.

Transaksi yang melibatkan 1 triliun rupiah (US$64,4 juta) dikaitkan dengan ribuan individu dengan “berbagai afiliasi politik,” lapor stasiun televisi Singapura CNA bulan lalu.

Meski Gibran kebingungan, Prabowo tetap menjadi pilihan ‘terbaik’ bagi sebagian besar pemilih Indonesia

Lebih dari 204 juta masyarakat Indonesia akan pergi ke tempat pemungutan suara bulan depan untuk memilih presiden, wakil presiden, dan pejabat politik lainnya.

Kandidat presiden antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto; Anies Baswedan, mantan Gubernur Jakarta; dan Kanjar Pranovo, mantan Gubernur Jawa Tengah.

Pengamat politik di Asia yang berbicara minggu ini mengatakan pernyataan MHA ditujukan kepada sejumlah besar warga Indonesia di Singapura dan menegaskan kembali pendiriannya mengenai campur tangan asing dalam urusan dalam negeri.

Terdapat sekitar 250.000 warga negara Indonesia di Singapura, atau lebih dari 4 persen populasi negara kota tersebut, menurut statistik dari situs resmi Wakil Presiden Indonesia.

Warga negara Indonesia yang tinggal di Singapura diperbolehkan memilih pada pemilu 2024.

Para pekerja mengatur dan menyimpan sementara kotak suara yang disiapkan untuk pemilu di sebuah stadion di Jakarta. Lebih dari 204 juta masyarakat Indonesia akan pergi ke tempat pemungutan suara bulan depan. Foto: A.P

“Pernyataan MHA ini merupakan peringatan kepada sejumlah besar masyarakat Indonesia yang tinggal di Singapura untuk tidak terlibat dalam politik dalam negerinya di luar negeri – inilah Singapura,” kata pengamat politik independen Felix Tan.

“WNI perantauan di Singapura banyak,” ujarnya. “Apalagi hubungan diplomatik Singapura dan Indonesia selalu terjalin erat. Oleh karena itu, Singapura juga dipandang sebagai platform potensial untuk menggalang suara besar bagi masing-masing kandidat.

Pernyataan tersebut berupaya menjaga citra Singapura sebagai pemain netral yang tidak memihak pada urusan negara lain.

Eugene Tan, seorang profesor hukum di Universitas Manajemen Singapura, mengatakan mengingat hubungan dekat Singapura dengan Indonesia, penting untuk segera menghentikan tuduhan tersebut.

“Tuduhan itu dilontarkan oleh tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia. Jadi sudah sepantasnya MHA menyatakan posisi Singapura dan memperingatkan pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan Singapura untuk ikut campur dalam politik dalam negeri negara lain,” ujarnya.

READ  Indonesia sedang merencanakan kereta ringan Bali untuk mengurangi kemacetan dari bandara