Juli 19, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Sebuah Wings Air ATR 72 terkena peluru di Indonesia

Sebuah Wings Air ATR 72 ditembak jatuh oleh Grup KKB saat mendarat di Bandara Decay di Indonesia pada 17 Februari. Untungnya, tidak ada korban luka di pesawat atau di darat.

Peristiwa terjadi saat ATR 72-600 terdaftar PK-WJT yang membawa 50 penumpang dan awak mendekati Bandara Dekai di wilayah Papua Barat. Media lokal memberitakan, KKB, kelompok separatis bersenjata yang beroperasi di kawasan itu, melakukan penembakan.

Menurut laporan awal, pesawat mengalami kerusakan ringan akibat penembakan tersebut namun mampu mendarat dengan selamat. Seluruh penumpang dan awak dievakuasi tanpa insiden.

Pihak berwenang Indonesia telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut dan mengutuk serangan tersebut. Kelompok KKP belum mengomentari kejadian tersebut.

Kelompok KKB telah terlibat dalam pemberontakan tingkat rendah terhadap pemerintah Indonesia selama beberapa dekade.

Kelompok ini mengupayakan kemerdekaan bagi wilayah Papua Barat. Ini bukan kali pertama kelompok KKB mengincar pesawat sipil.

READ  Gugatan FOIA mengklaim penambang nikel Indonesia tidak memiliki izin lingkungan