Juni 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Rupiah Indonesia memimpin kenaikan FX Asia, perusahaan saham

Rupiah Indonesia memimpin kenaikan FX Asia, perusahaan saham

Rupiah Indonesia, sekelompok mata uang Asia yang sedang berkembang, naik terhadap dolar AS yang melemah secara luas pada hari Kamis karena investor menunggu pertemuan kebijakan Federal Reserve AS minggu depan, sementara pasar saham di kawasan ini juga membukukan keuntungan.

Rupee, mata uang teratas Asia sepanjang tahun ini, telah menguat hingga 1%.

“Portofolio mengalir untuk mengimbangi risiko IDR dari pembatasan perdagangan dan bias kebijakan yang merugikan,” kata analis di BofA Global Research dalam sebuah catatan.

Dolar Singapura dan rupee India masing-masing naik 0,1%. Baht Thailand menguat 0,2%.

Ekspor berkontraksi kurang dari yang diharapkan pada bulan Maret, sebagian karena data perdagangan yang lebih kuat dari peningkatan ekspor pertanian seperti beras dan gula, kata analis MUFG dalam sebuah catatan.

Sementara Fed fund futures saat ini memperkirakan peluang 80% kenaikan 25 basis poin pada pertemuan kebijakan bank sentral AS minggu depan, investor global tetap tidak yakin tentang berapa lama Fed akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi.

Saham kawasan ini juga menguat, dengan Jakarta dan Manila masing-masing naik 0,6% dan 0,8%.

Melawan tren, saham Singapura turun sebanyak 0,7% ke level terendah dalam lebih dari tiga minggu, karena perusahaan properti memangkas kerugian setelah pemerintah menaikkan pajak atas pembelian properti pribadi.

Saham pengembang City Development turun 6% dan UOL Group turun 5,3%.

“Masih harus dilihat apakah kebijakan ini akan berdampak berarti pada inflasi perumahan di Singapura dan pada akhirnya pada kebijakan nilai tukar MAS,” kata MUFG.

Sebuah jajak pendapat Reuters menemukan bahwa ekspor Korea Selatan turun selama tujuh bulan berturut-turut dan bisa menjadi penurunan terpanjang dalam lebih dari tiga tahun, menyoroti lemahnya permintaan luar negeri.

READ  Visa saat kedatangan elektronik untuk Indonesia, gateway pembayaran untuk mendukung G20

Won Korea Selatan, mata uang dengan kinerja terburuk di kawasan ini, terakhir turun 0,1%. Ini telah kehilangan 5,7% sepanjang tahun ini. Saham naik 0,4% setelah lima hari penurunan.

Yuan China menguat setelah keuntungan di perusahaan industri China menyusut dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat pada Januari-Maret. Investor melihat data produk domestik bruto (PDB) AS dan data pasar tenaga kerja di kemudian hari, sementara kegelisahan baru di sektor perbankan AS membuat pasar gelisah.

“Kemungkinan kegagalan bank lain adalah sesuatu yang akan dilihat investor,” kata Koon Goh, kepala penelitian Asia di ANZ.

Highlight

** Indonesia akan mengurangi batas penjualan domestik wajib untuk produsen minyak sawit menjadi 300.000 ton per bulan mulai bulan Mei

** Para pemimpin AS, Korea Selatan berjanji untuk bekerja sama dalam stabilitas pasar valas

** Keputusan kebijakan Bank of Japan jatuh tempo hari Jumat – Reuters