Maret 2, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Putra bungsu presiden Indonesia ini bersiap mencalonkan diri sebagai walikota di kubu oposisi

Putra bungsu presiden Indonesia ini bersiap mencalonkan diri sebagai walikota di kubu oposisi

JAKARTA – Putra bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo dan selebritas media sosial Kesang Pangareb secara luas terlihat bersiap untuk mencalonkan diri sebagai walikota tahun depan di kubu oposisi, sebagai tanda langkah menuju pluralisme yang lebih kuat.

Foto pengusaha berusia 28 tahun yang memegang mawar merah pertama kali muncul bulan lalu di papan reklame yang dipasang oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang pro-pluralis di jalan-jalan sibuk di Debok, mempromosikannya sebagai walikota. Empat periode terakhir diisi oleh seseorang dari oposisi Partai Keadilan dan Kesejahteraan Islam (PKS).

Mr Kesang tidak pernah secara resmi mengumumkan niatnya, tetapi ketika ditanya oleh wartawan tentang papan reklame, dia mengaku telah memberikan foto yang digunakan.

Beberapa minggu kemudian, pengantin baru yang unik, yang memiliki 3,2 juta pengikut Twitter, memposting video yang mengumumkan bahwa keluarga mereka telah memberi mereka izin untuk mencalonkan diri sebagai walikota. Dia mengatakan dia “siap berada di Deboke dan menjadi Deboke First”.

Pengamat, termasuk analis politik terkemuka Effendi Ghazali, mengatakan ada banyak tanda bahwa Kesang akan mencalonkan diri sebagai walikota Debok, kota satelit Jakarta dengan populasi 2,5 juta jiwa.

“Depok adalah kota yang tidak toleran… Mawar di tangan Kesang adalah tanda bagi para pemilih muda bahwa mereka dapat dengan bebas merayakan Hari Valentine jika dia terpilih. Jumlah masyarakat Debok yang ingin merayakan Hari Valentine sangat luar biasa,” kata Dr. Effendi.

Pemerintah Kota Depok mengeluarkan surat edaran pada 9 Februari 2023 yang menginstruksikan para guru dan guru untuk melarang perayaan Hari Valentine karena bertentangan dengan norma agama, sosial, dan budaya setempat.

Mr Jayati Bray, ketua organisasi pemuda resmi Debok Karang Taruna, mengatakan orang mungkin berpikir bahwa Mr Kesang tidak serius untuk bertarung di Debok. Tapi ide itu diterima dengan baik oleh akar rumput, jadi Pak Kesang melanjutkannya.

READ  Bosco International untuk mendirikan kilang minyak sawit di Indonesia

“Siapa saja bisa maju dan mencalonkan diri untuk kemajuan Depok. Empat (walikota) periode terakhir mungkin bagus tapi kami ingin lebih baik. Kenapa tidak berubah?” Mr Jayadi mengatakan kepada The Straits Times.

Setiap masa jabatan berlangsung selama lima tahun. Dia mendesak agar presiden Dipok mendatang lebih fokus pada kesejahteraan pemuda.

Melompat ke keributan, Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) yang berkuasa dan sekutu Partai Gerindra secara terpisah telah berjanji untuk mendukung Mr Kesang sebagai walikota Debok.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara PKS Muhammad Golit mengatakan: “Kami mendukung para pemimpin muda, tetapi kami mendukung mereka yang memiliki rekam jejak yang baik, bukan mereka yang memiliki hak istimewa sebagai anak presiden.”

Dia mempersoalkan nol pengalaman Mr Kesang dalam politik, membual bahwa PKS telah menyusun beberapa kandidat potensial antara usia 30 dan 35 tahun dengan pengalaman bertahun-tahun.

“Depok adalah salah satu dari lima kota teratas di Indonesia untuk pengentasan kemiskinan. Kami memiliki program kewirausahaan yang sukses untuk perempuan, untuk siapa saja,” kata Mr Golit tentang prestasi walikota Mohamed Idris saat ini.

Ms Cheryl Dancil, yang duduk di dewan direksi PSI, mendukung Mr Kesang, mengatakan dia telah memperluas perusahaannya – termasuk sektor makanan dan investasi – untuk menunjukkan dia memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang kuat. Walikota.