September 28, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Proyek kereta api pertama di pulau Sulawesi Indonesia membutuhkan tenaga

JAKARTA – Proyek yang telah lama tertunda untuk membangun rel kereta api pertama di pulau Sulawesi Indonesia terus berlanjut, dengan kontraktor bank yang dipimpin Suriah Indonesia mengamankan 693,8 miliar rupee ($ 48,5 juta) dalam pinjaman sindikasi yang sesuai dengan hukum Islam.

Kesepakatan keuangan untuk pembangunan sistem 145 km yang mencakup lima kota dan wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan. Ini menghubungkan ibu kota provinsi Mekah dengan kota Parebare, kota terbesar di pulau Indonesia Timur. Kegiatan usaha ditargetkan mulai tahun depan.

Rute ini sepanjang 2.000 km. Fase pertama dari proyek jangka panjang yang luas untuk membangun jaringan kereta api Trans-Sulawesi akan memungkinkannya untuk melakukan perjalanan dari McCarthy di ujung selatan pulau ke Manado di ujung utara. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia, ditandai dengan semenanjung yang panjang dan secara historis dikenal sebagai Celebus.

“Kereta Api McCormack-Parebare … akan membantu memenuhi permintaan angkutan penumpang dan barang dan mendukung konektivitas nasional,” kata perusahaan konstruksi milik negara BP Bercero dalam siaran pers Kamis, menandatangani perjanjian keuangan. “Proyek ini… diharapkan dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya bagi masyarakat di Sulawesi Selatan.”

BP Percero merupakan bagian dari Celebrity Railway Indonesia Indonesia Federation yang didirikan pada tahun 2019 untuk melanjutkan proyek ini. Ini termasuk unit lokal Perusahaan Konstruksi Komunikasi China.

Konstruksi yang dimulai pada tahun 2015 ini sebelumnya diawasi dan didanai oleh Kementerian Perhubungan. Konsorsium swasta mengambil alih pada 2019, dan proyek ini sekarang diklasifikasikan sebagai kemitraan publik-swasta.

Meski masuk dalam Rencana Prioritas Nasional, namun pembangunannya terkena imbas keterlambatan target operasional awal tahun 2018. Laporan media lokal menyebutkan masalah pembebasan lahan, sementara kemajuannya lamban karena wabah virus corona. Total biaya kaki McCormack-Parebare diperkirakan mencapai setidaknya 8,2 triliun rupee.

READ  Pasar NFT multi-tipe pertama di Indonesia

Ini adalah bagian dari upaya infrastruktur Presiden Joko Widodo, yang mencakup beberapa rencana untuk meningkatkan konektivitas ke bagian timur negara yang terbelakang, yang memiliki lebih dari 17.000 pulau.

Perkeretaapian di Indonesia sudah ada sebelum masa negara jajahan Belanda. Di seluruh kepulauan yang luas, transportasi kereta api terbatas tetapi hanya tersedia di pulau Jawa yang berpenduduk padat dan layanan terbatas di beberapa bagian Sumatera. Di Kalimantan Timur – pemerintah juga memiliki rencana untuk proyek kereta api senilai 53 triliun rupee yang dibagikan dengan Malaysia dan Brunei, bagian Indonesia dari pulau Kalimantan – tidak membuahkan hasil.

Anggota lain dari sindikasi kredit untuk proyek kereta api Makassar-Parebare adalah perusahaan pembiayaan infrastruktur milik negara Sarana Multi Infrastruktur dan anak perusahaannya Indonesia Infrastructure Fund, BSI mengatakan dalam siaran pers terpisah.

Itu adalah salah satu proyek infrastruktur besar pertama yang memberikan pinjaman sejak BSI didirikan pada Februari sebagai anak perusahaan dari tiga pemberi pinjaman milik negara yang mematuhi hukum Islam atau Syariah. Saham bank syariah terbesar di Indonesia, BSI, turun 4,4% menjadi 1.960 rupee pada Senin pagi.

Berlawanan dengan lambatnya pembangunan kereta api, pemerintah secara aktif membangun jalan baru di seluruh negeri. Upaya infrastruktur skala besar lainnya termasuk jalur kereta api berkecepatan tinggi yang didukung China yang menghubungkan Jakarta dengan ibu kota Jawa Barat, Bandung, dan proyek besar senilai $32 miliar untuk merelokasi pelabuhan laut dalam Batimpan yang didanai Jepang ke Jawa Barat. Ibu kota negara pada tahun 2024, dari Jakarta yang padat hingga provinsi Kalimantan Timur di Kalimantan.