April 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Presiden tiba di Singapura dari Indonesia

Presiden tiba di Singapura dari Indonesia

Presiden tiba di Singapura dari Indonesia

JAKARTA, Indonesia, 8 September 2023 (BSS) – Presiden Mohammad Shahabuddin tiba di Singapura sore ini setelah menyelesaikan tur lima harinya di Indonesia, di mana ia menghadiri KTT ASEAN ke-43 dan KTT Asia Timur ke-18.


Penerbangan VVIP Bangladesh Biman Airlines Limited (Penerbangan BG-1911), yang membawa Presiden dan istrinya Dr. Rebecca Sultana, tiba di Bandara Internasional Changi di Singapura pada pukul 14:12 (waktu Singapura).


Kunjungan Presiden diterima oleh Komisaris Tinggi Bangladesh untuk Singapura Tauhedul Islam dan pejabat senior Komisi Tinggi Bangladesh.


Kepala Negara dan istri akan menjalani pemeriksaan kesehatan di sana.


Sebelumnya, Presiden Shahabuddin berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di ibu kota Indonesia pada pukul 11.00 waktu Jakarta.


Di bandara, Presiden diterima oleh Menteri ESDM RI Aribin Tasrib dan pejabat senior Kedutaan Besar Bangladesh di Indonesia.
Presiden Bangladesh tiba di Jakarta pada 4 September.

Ia menghadiri KTT ASEAN ke-43 selama tiga hari pada tanggal 5 hingga 7 September 2023 di bawah kepemimpinan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).


Presiden Shahabuddin dan istrinya menghadiri upacara pembukaan KTT pada pagi hari tanggal 5 September yang bertemakan “ASEAN Matters: Center for Development”.


Ketua Komite Penasihat Nasional Bangladesh untuk Autisme dan Gangguan Perkembangan Saraf Saima Wasade dan Menteri Luar Negeri Dr. A.K. Abdul Moman juga pergi ke sana bersama Presiden.

Upacara pembukaan KTT ASEAN ke-43 ini tidak hanya dihadiri oleh 10 kepala lembaga dan beberapa kepala negara, kepala negara, dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN, namun juga negara mitra.


Negara tuan rumah, Indonesia, telah mengundang 27 pemimpin dunia dan organisasi internasional, serta direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, ke KTT ASEAN di Jakarta, kata Sekretaris Jenderal ASEAN.


Presiden juga mengadakan pertemuan bilateral terpisah dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Sekretaris Jenderal Indian Ocean Rim Association (IORA) Dr Salman Al Farisi pada tanggal 6 September.

READ  Singapura kirim pasokan dan peralatan medis ke Indonesia karena catatan harian kasus COVID-19

Di sela-sela KTT tersebut, Presiden Bangladesh menghadiri “KTT Asia Timur (EAS) ke-18 dan menyampaikan pidatonya sebagai tamu utama pada tanggal 7 September.

Beliau mengangkat berbagai permasalahan ASEAN Selatan, yang berpusat pada krisis Rohingya di Myanmar dan repatriasi 1,2 juta warga negara Myanmar yang mengungsi di Bangladesh tujuh tahun lalu dan sejalan dengan permasalahan yang dihadapi Bangladesh saat ini.


Sementara itu, di sela-sela acara, Presiden Bangladesh bertukar sapa dengan beberapa pemimpin dunia.


Mereka adalah: Sekretaris Jenderal PBB Ant›nio Manuel de Oliveira Guterres, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi, Wakil Presiden AS Kamala Harris, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Perdana Menteri Vietnam Ph?m Minh Chnh dan Perdana Menteri Republik Demokratik Rakyat Laos Sonexay Siphandone.


Presiden Shahabuddin dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 16 September.