Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Presiden Indonesia Peringatkan ‘Perang Dingin Baru’ di Asia

Saat Indonesia mengambil alih kursi kepresidenan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada hari Minggu, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan blok 10-anggota tidak boleh menjadi proxy untuk kekuatan lain dan menolak membiarkan tekanan geopolitik untuk menciptakan Perang Dingin baru. Asia.

Widodo mengambil alih kendali pada saat ketegangan meningkat ketika China dan Amerika Serikat bersaing untuk mendapatkan pengaruh di kawasan yang penting secara strategis, memaksa pemerintah untuk memilih pihak.

Ikuti saluran Google Berita kami secara online atau melalui aplikasi untuk semua berita utama terbaru.

Berbicara pada upacara serah terima di ibukota Kamboja Phnom Penh, Widodo mengatakan, “ASEAN harus menjadi kawasan yang damai dan jangkar untuk stabilitas global, terus menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proxy untuk kekuatan apapun.”

“ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi. ASEAN tidak boleh membiarkan dinamika geopolitik saat ini berubah menjadi Perang Dingin baru di kawasan kita,” tegasnya.

Kamboja menyerahkan kursi itu setahun kemudian dan akan dikenang karena gagal memenuhi janji yang berani untuk memimpin upaya perdamaian di Myanmar yang dilanda krisis.

Namun, itu semua tersenyum ketika Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menyerahkan kepemimpinan kelompok sepuluh anggota itu kepada Widodo.

Upacara singkat diadakan di akhir putaran tahunan KTT antara para pemimpin ASEAN dan mitra dialog regional.

Baca selengkapnya:

FM Rusia mengatakan Barat sedang mencoba untuk memiliterisasi Asia Tenggara untuk mengendalikan Rusia, Cina

Ketua IMF Georgieva memperingatkan persaingan AS-China, menyebut tarif era Trump kontraproduktif

Ketika Biden bertemu Xi: Taiwan, perang Rusia-Ukraina, agenda utama Korea Utara

READ  Peran Indonesia dalam digital edge di sektor telekomunikasi Indonesia semakin maju