Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Presiden Indonesia Joko Widodo ingin memperkuat hubungan ASEAN-Jepang

Presiden Indonesia Joko Widodo ingin memperkuat hubungan ASEAN-Jepang

Shinsuke Yasuda / Yomiuri Shimbun
Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara saat wawancara dengan The Yomiuri Shimbun di Jakarta pada hari Jumat.

Presiden Indonesia Joko Widodo, ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat ini, pada hari Jumat menekankan keinginannya untuk memperkuat hubungan dengan Jepang di kawasan Indo-Pasifik, dengan mengatakan “kerja sama dapat terus ditingkatkan, terutama di bidang keamanan.. .menjaga perdamaian…dan stabilitas di kawasan,” Yomiuri di Jakarta saat wawancara eksklusif dengan Shimbun.

Joko akan menjadi tuan rumah bersama dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dalam pertemuan puncak peringatan 50 tahun Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang, yang dijadwalkan dimulai Sabtu di Tokyo.

Selama wawancara, Joko mencatat bahwa anggota ASEAN “memiliki pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata dunia” dan bahwa “Jepang unggul dalam teknologi dan modal untuk investasi.”

Menjelang wawancara, Joko mengundang Yomiuri Shimbun untuk mengunjungi lokasi pembangunan yang bertujuan memperluas sistem angkutan cepat massal (MRT) ibu kota, yang didanai oleh bantuan pembangunan resmi Jepang. Sistem MRT diluncurkan pada tahun 2019 dengan tujuan untuk memperbaiki masalah lalu lintas kota yang akut.

Menyinggung sistem MRT, Joko mengatakan: “Saya mengapresiasi kontribusi Jepang… Jepang adalah salah satu negara dengan teknologi tercanggih di dunia. Saya berharap transfer teknologi akan terus berlanjut di masa depan.

MRT kini terintegrasi ke dalam sistem transportasi Jakarta, melebihi target jumlah penumpang dan dengan tingkat ketepatan waktu 99%.

READ  Lumba-lumba Indonesia dilepaskan ke laut lepas setelah bertahun-tahun ditahan di hotel resor