Juni 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia mendesak negara-negara G7 untuk pendanaan iklim

Indonesia mendesak negara-negara G7 untuk pendanaan iklim

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Indonesia diwakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar membantu memimpin negara-negara G7, khususnya dalam pengorganisasian dan mobilisasi pendanaan teknologi dan iklim.

Pada 15-16 April 2023, Nurbaya menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri G7 di Sapporo, Jepang. Saat itu, beliau menggarisbawahi pentingnya upaya bersama untuk menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh krisis global.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa setiap orang harus bekerja sama dalam persatuan untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan generasi mendatang.

Dia menekankan, paradigma kerja sama adalah setiap negara harus menjadi bagian dari solusi dan memberikan kontribusi berdasarkan kapasitas masing-masing, diprioritaskan.

Menurut Noorbayah, G7 akan dapat berbagi inovasi, teknologi dan pengetahuan, metodologi dan sumber daya keuangan yang ada. Negara yang lebih makmur harus mendukung dan memberdayakan negara lain.

Dalam pertemuan tersebut, Menkeu memaparkan beberapa aksi nyata yang telah dilakukan Indonesia untuk mengendalikan perubahan iklim, antara lain Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink 2030, pengelolaan limbah dan pemulihan lingkungan.

Berita Terkait: Pengelolaan Lingkungan Butuh Pembiayaan Beragam Sumber: Kementerian

Dalam pelaksanaannya juga dimungkinkan kerjasama teknis dengan berbagai mitra, termasuk negara-negara anggota G7.

Dia mencatat bahwa semua inisiatif nasional harus dilengkapi dengan dukungan internasional yang jelas, investasi dalam efisiensi sumber daya, dan ekonomi sirkular.

Ini termasuk menciptakan pasar karbon yang efektif dan adil, berinvestasi dalam pengembangan dan implementasi teknologi, dan menerapkan pendanaan iklim.

Pertemuan Tingkat Menteri G7 tentang Iklim, Energi dan Lingkungan merupakan salah satu pertemuan tingkat menteri yang diadakan bersamaan dengan KTT G7.

Indonesia yang menjadi ketua ASEAN pada tahun 2023 hadir dalam pertemuan tersebut sebagai salah satu negara yang diundang dalam forum tersebut.

READ  Pertumbuhan produksi penting bagi perekonomian Indonesia - Senin 10 Mei 2021

Berita Terkait: Indonesia 2030 Cari Strategi Pembiayaan Berbeda untuk FOLU Net Sink

BERITA TERKAIT: Pemerintah teritorial harus berpartisipasi dalam pendanaan perubahan iklim: Menteri

Diterjemahkan oleh: Sugiharto B, Fathli Ruhman
Editor: Uni Arisanti Sinaga
Hak Cipta © ANTARA 2023