April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pilot maskapai penerbangan Indonesia tersibuk di Australia tertidur di udara

Pilot maskapai penerbangan Indonesia tersibuk di Australia tertidur di udara

Pemerintah Indonesia akan menyelidiki kejadian di mana kapten dan first officer sebuah pesawat penumpang komersial tertidur selama hampir setengah jam.

Peristiwa itu terjadi pada 25 Januari 2024 dalam penerbangan Batik Air selama dua jam 35 menit antara Kentari di Sulawesi Tenggara dan Jakarta.

Kantor Berita Indonesia melaporkan diantaraPilot penerbangan ID6723 telah tertidur sekitar 28 menit ketika mereka terbangun dan menemukan bahwa pesawat telah menyimpang dari jalur penerbangan yang direncanakan.

A320 mendarat dengan selamat dan tidak ada penumpang yang terluka dalam insiden tersebut.

“Kami akan mengkaji dan mengkaji operasional penerbangan malam di Indonesia terkait manajemen risiko kelelahan bagi Batik Air dan operator maskapai lainnya,” kata M. Kristi Endah Murni, Direktur Jenderal Penerbangan Sipil Kementerian Perhubungan RI, dalam keterangannya, Sabtu.

Batik Air A320-200 tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta, Indonesia.

Murni juga mengimbau maskapai penerbangan memastikan pilot dan awak pesawat mendapatkan istirahat yang cukup agar tetap waspada selama penerbangan.

Sesuai prosedur standar, awak penerbangan ID6723 telah ditangguhkan menunggu penyelidikan lebih lanjut, kata direktur jenderal.

Antara mengatakan badan tersebut akan mengirimkan inspektur penerbangan resmi untuk menyelidiki penyebab insiden tersebut dan merekomendasikan cara kepada maskapai penerbangan untuk mencegah situasi serupa di masa depan.

Sementara itu, lembaga tersebut memuji Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang telah melakukan penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut.

“Hukuman apa pun akan dikenakan sesuai laporan penyelidikan yang dilakukan oleh komite investigasi,” kata direktur jenderal.

Air bernyanyi
Jet udara berdenyut

Laporan awal KNKT yang dilihat AFP menemukan salah satu pilot kurang istirahat sebelum penerbangan.

Sekitar 30 menit setelah lepas landas, kapten bertanya kepada kopilot apakah dia boleh istirahat, dan hal itu dikabulkan. Namun, co-pilot yang melahirkan bayi kembar di rumahnya juga tertidur saat bertugas.

READ  Pelanggaran data PPJS menunjukkan lemahnya keamanan data Indonesia: Pakar - Nasional

Pengendali lalu lintas udara mencoba menghubungi pesawat, namun tidak ada tanggapan. Dua puluh delapan menit kemudian, pilot bangun, menyadari situasinya, dan memperbaiki jalur penerbangan setelah membangunkan co-pilot.

Kehadiran orang Australia

Batik Air sangat aktif di pasar Australia, dengan layanan reguler dari Sydney, Melbourne dan Perth ke Bali dan Jakarta.

Bulan lalu, operator juga mengumumkan Layanan non-stop baru Antara Canberra dan Bali.

Maskapai penerbangan serupa, Batik Air Malaysia, juga telah aktif di pasar Australia akhir-akhir ini. dimulai Kemudian membatalkan Penerbangan antara Adelaide dan Kuala Lumpur akan ditambahkan pada tahun 2023 Sebuah layanan baru Antara Melbourne dan KL.

Tahun lalu, ini juga diluncurkan Penerbangan antara Perth dan Auckland.