Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pihak berwenang mengancam akan mengusir gereja di Indonesia

Pihak berwenang mengancam akan mengusir gereja di Indonesia

18/6/2024 Indonesia (Kepedulian Kristen Internasional) — Pemerintah setempat mengancam akan mengusir Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Juanda Tepok karena kedekatannya dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Tepok, Jawa Barat.

Gereja ini memiliki lebih dari 150 anggota dan telah beribadah di tempat ini selama sembilan tahun. Ini mungkin akan segera hilang.

Rencananya UIII yang dibuka pada 27 September 2021 dimulai pada tahun 2016. Pada tahun 2019, Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) bertemu dengan Menteri Agama saat itu Fachrul Raji dan menyampaikan aspirasi Gereja HKI Juanda. Penggusuran telah diancam.

Namun, tanpa tindak lanjut yang pasti, nasib gedung gereja yang kini berada di atas tanah UIII tetap bertahan. Tidak pasti. Aliansi Advokasi HKI Juanda menggelar audiensi di hadapan Menteri Agama Yakut Solil Kumas beserta UIII dan Direktur Pendidikan Tinggi Islam. Meski begitu, dia masih ragu-ragu.

“Berdiri di tepi lahan garapan, gereja ini merupakan bukti semangat pantang menyerah kami,” kata Toman Hutasoit, senior HKI Juanda. “Bahkan jika kami tidak mempunyai listrik, kami ingin tetap di sini. Dengan doa bersama dari teman-teman, kami yakin.

Untuk membaca lebih banyak berita, kunjungi ruang redaksi ICC. Untuk wawancara, silakan kirim email[email protected].

READ  Jokowi memuji proyek energi Inggris-Indonesia saat bertemu dengan Perdana Menteri Sunak