Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Perusahaan pupuk milik negara Pupuk Kaltim merencanakan IPO senilai $500 juta – sumber

SINGAPURA/SYDNEY, Jan 5 (Reuters) – Perusahaan pupuk milik negara PT Pupuk Kalimantan Timur berencana mengadakan penawaran umum perdana (IPO) di Jakarta tahun ini, yang dapat mengumpulkan sekitar $500 juta, dua sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut dikatakan.

Setidaknya dua bank telah mencapai kesepakatan untuk menjual 20% saham PT Pupuk Indonesia, induk Pupuk Kalimantan Timur, kata sumber kepada Reuters.

Bubuk Indonesia memiliki 99,99% dari Bubuk Kalimantan Timur, sebuah konglomerat nasional dengan bisnis mulai dari makanan hingga logistik, juga dikenal sebagai Bubuk Kaltim, menurut situs webnya.

Dana hasil IPO akan digunakan untuk ekspansi kapasitas, kata salah satu sumber. Kedua sumber menolak disebutkan namanya karena masalah pribadi.

Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia tidak menanggapi permintaan komentar.

Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara, bertujuan untuk mengumpulkan 170 triliun rupiah ($10,89 miliar) di pasar modal tahun ini, termasuk listing dan instrumen utang.

Pasar modal Indonesia mengumpulkan sekitar 260 triliun rupiah tahun lalu, kata Inarno Dijajadi, kepala pengawasan pasar modal di Otoritas Jasa Keuangan. Penggalangan dana tersebut meliputi IPO perusahaan teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO.JK)Ini mengumpulkan $ 1,1 miliar pada bulan April.

Didirikan pada tahun 1977, Pupuk Kaltim dimulai sebagai proyek pupuk laut yang dikelola oleh perusahaan energi negara Indonesia Pertamina, yang kemudian diserahkan kepada Kementerian Perindustrian, menurut situs webnya.

Pupuk Kaltim menjadi salah satu unit Pupuk Indonesia pada tahun 2012 dan kini menjadi produsen urea dan amoniak terbesar di Indonesia.

Perusahaan yang berbasis di Kalimantan itu memiliki 13 pabrik, termasuk lima pabrik amonia yang memproduksi 2,74 juta ton per tahun dan lima pabrik urea yang memproduksi 3,44 juta ton per tahun, menurut situsnya.

READ  Kunung Capital dan perusahaan Singapura lainnya membantu mengamankan pasokan oksigen ke Indonesia - Bisnis

Selain Pupuk Kaltim, perusahaan lain yang diharapkan go public di Indonesia tahun ini antara lain dua unit Pertamina – Pertamina Geothermal Energy dan Pertamina Hulu Energy. Baca selengkapnya

Pertamina Hulu Energy dapat mengumpulkan hingga $2 miliar, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada bulan Desember.

($1 = 15.610.0000 rupiah)

Pelaporan oleh Yandoltra Nigui di Singapura dan Scott Murdoch di Sydney; Editing oleh Muralikumar Anantharaman

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.