Desember 8, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Permohonan Darurat: Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Timor-Leste dan Indonesia – Timor-Leste

Kode Banding: 7102

Situasi

Banjir, banjir bandang, dan tanah longsor telah menyebabkan kerusakan yang signifikan di provinsi tenggara Nusa Tenkara Timur dan negara tetangganya, Timor-Leste, di Indonesia. Hujan dari siklon tropis, salah satu badai paling dahsyat yang melanda wilayah itu selama bertahun-tahun, telah mengubah masyarakat menjadi tanah tandus dari lumpur dan pohon-pohon tumbang, dengan ribuan orang mengungsi untuk berlindung. Banyak jalan dan jembatan rusak atau hancur, dan listrik mati di banyak tempat. Pada 9 April, jumlah korban tewas 165 di Indonesia dan 42 di Timor-Leste.

Menurut angka resmi terbaru, ada 13.554 orang terlantar – atau 2.315 rumah tangga – di 40 fasilitas evakuasi di Dili, ibu kota Timor-Leste. Lebih banyak lagi yang terlantar akibat penggusuran tidak resmi di seluruh kota.

Tim CWS di Timor-Leste melakukan penilaian cepat terhadap tempat penampungan IDP dan orang-orang yang mencari perlindungan dengan tetangga dan kerabat. Banyak orang yang terkena dampak enggan pergi ke tempat penampungan yang ramai seperti gereja karena kekhawatiran atas peningkatan pesat kasus COVID19 baru-baru ini di Delhi. Sebaliknya, mereka lebih suka tinggal di dalam atau di dekat rumah yang rusak atau dengan tetangga, teman, atau kerabat. Sampai saat ini, bantuan kemanusiaan difokuskan pada mereka yang tinggal di tempat penampungan, sementara mereka yang telah mengungsi sementara hanya menerima sedikit bantuan – namun mereka sama-sama berisiko.

Tidak hanya memberikan bantuan penyelamatan jiwa bagi para pengungsi sementara di dalam dan di luar fasilitas evakuasi, tetapi juga membutuhkan respon kemanusiaan bagi para pengungsi untuk kembali dengan selamat ke rumah mereka.

Jawaban CWS

Tim CWS di Indonesia dan Timor-Leste telah berhubungan dengan aliansi ACT dan sekutu kami sejak beberapa jam pertama bencana.

READ  Koleksi pepaya baru dari supermarket pertama di Indonesia yang mengadopsi lemari es Sankranti N40 yang hemat energi dari Honeywell.

Di Indonesia dan Timor-Leste, CWS bermitra dengan mitranya meluncurkan program untuk mendukung 1.000 keluarga korban bencana dengan peralatan kesehatan. Tiap sanitary kit berisi 10 pc sabun mandi (250 g), 5 pc sikat gigi, 2 pc pasta gigi untuk dewasa (190 g), 2 pc pasta gigi untuk anak-anak, 3 bungkus pembalut, 4 botol sampo (170 ml), 4 handuk , penampungan air dan 2 ember dengan tutup untuk penyimpanan, 2 tetes air, 2 buah sabun (1 kg), dan 1 tempat sampah dengan penutup.

Anggaran

Alat Kesehatan: $ 45.220
Biaya program lainnya, termasuk staf, logistik dan peralatan:, 7 4.780

Total: $ 50.000

Bagaimana membantu

Donasi dapat dilakukan secara online melalui surat dengan cek untuk Church World Service (PO Box 968, Elcord, IN 46515). Tolong tetapkan untuk bantuan banjir di Timor-Leste dan Indonesia.

CWS adalah anggota Aliansi ACT, sebuah koalisi global gereja dan organisasi yang terlibat dalam pembangunan, bantuan kemanusiaan, dan advokasi.