Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Perdana Menteri baru Malaysia Anwar telah melakukan kunjungan luar negeri pertamanya ke Indonesia

Pokor, Indonesia: Perdana menteri baru Malaysia bertemu dengan presiden Indonesia pada hari Senin dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak memenangkan mosi percaya dan mengamankan mandatnya bulan lalu.

Pemimpin oposisi lama Anwar Ibrahim dilantik sebagai perdana menteri ke-10 negara itu pada 24 November, memimpin pemerintah persatuan dalam aliansi yang goyah dengan partai yang dinodai oleh mantan saingan politiknya.

Dia bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk melakukan pembicaraan di istana kepresidenan di Bogor, selatan ibu kota Jakarta, dan mereka akan berbicara nanti.

Keduanya akan membahas masalah global dan regional termasuk perdagangan, industri kelapa sawit, sengketa perbatasan dan situasi di Myanmar yang digulingkan, kata kementerian luar negeri Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Pemimpin Indonesia menyambut Anwar dengan kereta listrik menjelang pembicaraan sebelum membawanya berkeliling taman istana.

Dapatkan berita terbaru


Dikirim ke kotak masuk Anda

Mendaftar untuk buletin harian The Manila Times

Dengan mendaftar menggunakan alamat email, saya mengakui bahwa saya telah membaca dan menyetujui Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi.

Perjalanan luar negeri pertama perdana menteri Malaysia yang baru biasanya ke negara tetangga Indonesia, yang menghitung Kuala Lumpur sebagai pasar ekspor terbesar kelima.

Indonesia, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, memimpin pengelompokan negara-negara Asia Tenggara ASEAN tahun ini – yang mencakup Myanmar yang dipimpin militer sebagai anggota – dan akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin pada bulan November.

Mereka juga akan membahas hak-hak pekerja migran setelah Indonesia memberlakukan larangan sementara perekrutan untuk Malaysia, rumah bagi mayoritas pekerja migran Indonesia, tahun lalu, kata kementerian tersebut.

Delapan perusahaan Malaysia telah menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan Indonesia senilai 1,66 miliar ringgit Malaysia ($379 juta).

READ  Pekerja di sebuah perusahaan farmasi Indonesia ditangkap karena 'menggunakan kembali' kain koboi Indonesia

Seorang mantan pemimpin mahasiswa, Anwar adalah bintang politik yang sedang naik daun pada 1990-an, menjadi menteri keuangan dan wakil perdana menteri.

Veteran politik berusia 75 tahun itu telah dimakzulkan dan dipenjara dua kali sebelum diampuni dan kembali berpolitik.