April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pengundian Piala Dunia U-20 FIFA di Indonesia ditunda di tengah masalah partisipasi Israel

Pengundian Piala Dunia U-20 FIFA di Indonesia ditunda di tengah masalah partisipasi Israel

Jakarta, Indonesia. Foto: Wikimedia Commons.

FIFA telah menunda putaran final Piala Dunia U-20 2023 di tengah protes atas partisipasi Israel di Indonesia. dinyatakan Pengundian dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu, empat hari sebelumnya.

FIFA diperkirakan akan mengumumkan 24 negara peserta turnamen yang akan diadakan di enam kota Indonesia dari 20 Mei hingga 11 Juni di Bali pada 31 Maret. Ini akan menjadi penampilan pertama Israel di Piala Dunia U-20 FIFA sejak lolos ke turnamen tersebut pada Juni ketika mereka mencapai semifinal Kejuaraan Eropa U-19.

Meskipun FIFA tidak menerima “alasan resmi” mengapa acara pengundian dibatalkan delapan minggu sebelum dimulainya Piala Dunia, Gubernur Bali Wayne Koster mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh PSI bahwa dia yakin keputusan tersebut telah dibuat. Dia menolak untuk mengizinkan tim sepak bola nasional Israel di pulaunya, dengan alasan dukungan pemerintah Indonesia untuk perjuangan Palestina.

Ratusan memprotes partisipasi Israel di Piala Dunia U-20 pekan lalu di ibukota Indonesia, Jakarta, meneriakkan “Allahu Akbar” dan “Keluarkan Israel dari Piala Dunia U-20.” Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera putih bertuliskan Deklarasi Iman Islam di samping bendera Indonesia dan Palestina. Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia dan negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Israel.

Koster sebelumnya telah menandatangani kesepakatan untuk menjadikan Bali sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20, termasuk undian, namun PSSI menjelaskan bahwa keputusannya untuk melarang atlet Israel dari pulau itu bertentangan dengan kesepakatan itu.

Pengurus PSSI Arya Sinulinka menyampaikan keprihatinannya menghadapi sanksi disiplin dari FIFA, “Dari PSSI kami berpikir untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia. Karena sanksi FIFA dapat mengisolasi sepak bola Indonesia dari dunia. Presiden PSSI Eric Tohirwill akan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk “mengatasi semua ini dalam diplomasi dan kebijakan luar negeri untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia yang kita cintai,” katanya.

READ  Pelaut Indonesia di Cape Town memberikan suara pada pemilu 2024

Ia meminta suporter sepak bola di Indonesia bersabar karena PSSI berusaha “mencari solusi terbaik”.

Pejabat Indonesia memilih untuk memenuhi persyaratan tuan rumah FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021, yang kemudian ditunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19, lapor Associated Press. Presiden PSSI adalah Eric Dohir, mantan pemilik bersama NBA Philadelphia 76ers dan saat ini menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional.

Kegagalan untuk menyelesaikan masalah dengan FIFA terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 kini berisiko membuat tim sepak bola Indonesia terkena sanksi atau diskors oleh FIFA untuk berpartisipasi dalam acara sepak bola mendatang, yang memengaruhi kemampuan Indonesia untuk lolos, jelas PSSI. Piala Dunia 2026 dan kerugian ekonomi “trilyunan rupee”. Indonesia mungkin tidak memiliki kesempatan lagi untuk dipilih oleh FIFA menjadi tuan rumah acara olahraga lainnya, termasuk Piala Dunia 2034, dan asosiasi tersebut khawatir insiden tersebut akan mempengaruhi peluang negara tersebut untuk menjadi tuan rumah acara olahraga lainnya seperti Olimpiade.

“Para pemain, pelatih, wasit, klub dan masyarakat akan kehilangan mata pencahariannya, dan lebih dari 500.000 orang akan terkena dampak langsung jika sepak bola Indonesia dihentikan,” kata PSSI. dengan cara yang diskriminatif. Memadukan olahraga dengan politik.”

Indonesia sebelumnya diskors oleh FIFA selama satu tahun karena campur tangan pemerintah dan skorsing dicabut pada Mei 2016, menurut Reuters.