Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemerintah Indonesia memperluas LPDP di luar bidang pendidikan untuk mencakup pelatihan keterampilan

Tempo.co, JakartaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa menegaskan, Dana Abadi Lembaga Pendidikan (LPDP) tidak akan dihentikan tetapi akan diperluas.

Pemerintah berencana untuk mengintegrasikan LPDP ke dalam skema kartu tenaga kerja sebelum memberikan manfaat yang lebih luas tidak hanya pada skema pendidikan tetapi juga skema pelatihan bagi masyarakat.

“LPDP tidak akan dihentikan tapi akan diperluas. Selain pendidikan, negara ini juga perlu pelatihan,” kata Hartardo dalam konferensi pers mitra program Kelompok Cipta Kerja dan Kartu Prakerja di Jakarta.

Ia mengatakan, revisi rencana tersebut memiliki fungsi khusus untuk mendukung sektor pariwisata, termasuk skema pembiayaan pariwisata yang dikelola LPDP.

Hingga saat ini, kata dia, pemerintah masih mengkaji revisi rencana kajian tersebut.

“Akan ada pengelolaan dana tunjangan bagi pekerja. LPDP akan diperluas,” tandasnya.

Rencana tersebut sejalan dengan usulan Presiden Joko Widodo untuk memperbarui sistem LPDP sebelumnya. Bahkan, Presiden menyatakan minatnya untuk melihat lebih banyak lagi penerima beasiswa LPDP pada periode berikutnya.

Untuk itu, Hartardo memberikan opsi untuk mengalihkan dana LPDP ke Dana Abadi Pariwisata.

Sementara itu, ia menilai Skema Kartu Prakerja selama ini telah membantu masyarakat dalam mengembangkan keterampilannya.

Melalui beberapa kursus pelatihan, peserta dapat mengembangkan keterampilannya dalam bekerja dan berwirausaha.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Skema Kartu Prakerja Denny Puspa Purpasari mengatakan, sejak diluncurkan pada April 2020, skema tersebut konsisten memberikan dampak positif bagi masyarakat. Hal ini terutama berlaku untuk kewirausahaan, peningkatan pendapatan, dan peningkatan keterampilan digital.

Sejak April 2020 hingga Desember 2023, program Kartu Prakerja memberikan akses pelatihan kepada 17,5 juta penerima manfaat dari 514 kabupaten dan kota, kata Purpasari.

READ  Kunjungan Dubes ke Inggris membantu mempromosikan produk kayu Indonesia

“Data menunjukkan 40 persen peserta prakerja sudah bekerja dan 60 persen menganggur. Dalam setahun, 30 persen sudah bekerja, 50 persen menjadi wirausaha, dan 50 persen menjadi pegawai,” ujarnya. .

diantara

Seleksi Guru: Negara dengan rata-rata tinggi badan tertinggi dan terendah di dunia

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News