Juli 13, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pelaut Indonesia di Cape Town memberikan suara pada pemilu 2024

Tempo.co, JakartaDi Panel Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Akhir kota Masyarakat Indonesia di luar negeri melakukan pemungutan suara pada 4 Februari 2024, demikian diumumkan Kementerian Luar Negeri RI di situsnya. Pemungutan suara tersebut untuk memilih calon presiden TNI Angkatan Laut dan calon legislatif dari daerah pemilihan luar negeri. Sebanyak 36 pelaut terdaftar dalam daftar pemilih akhir di Cape Town.

Dengan mempertimbangkan kondisi lapangan dan hari libur TNI Angkatan Laut, maka tanggal pemungutan suara ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan usulan PPLN. Kotak Suara Keliling (KSK) dikerahkan di Pelabuhan Cape Town untuk memfasilitasi pelaut Indonesia menggunakan hak pilihnya. Sementara itu, beberapa APK melakukan pemungutan suara di Pojok Pelaut Indonesia (ISC) yang mengelilingi pelabuhan Cape Town.

ISC yang pertama kali didirikan pada tahun 2018 dan dikelola oleh Konsulat Jenderal Indonesia di Cape Town (KJRI Cape Town) merupakan bentuk perlindungan pemerintah Indonesia terhadap pelaut Indonesia.

Kementerian Luar Negeri mengatakan proses pemungutan suara berjalan lancar dan tertib. “Pelaut Indonesia [were] Sebelum memulai perjalanan berikutnya, mereka mengungkapkan kebahagiaannya karena dapat menggunakan hak pilihnya, meskipun di luar negeri,” tulisnya.

Pelaut WNI yang baru tiba di wilayah kerja KJRI Cape Town disarankan untuk datang dan menunjukkan Surat Pindah Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri di KJRI Cape Town pada hari pemungutan suara tanggal 10 Februari 2024.

Penghitungan hasil pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024 dan penghitungan ulang seluruh surat suara melalui surat suara melalui pos, KSK dan TPS di luar negeri pada tanggal 15 Februari 2024.

KEMLU.GO.ID

Seleksi Guru: Menjelang pemilu, ledakan bom di dekat kantor kandidat asal Pakistan menewaskan 26 orang

klik disini mendapatkan Berita terkini Tempo di Google News

READ  Afghan 'MIA' dan 'Sorry I Say' dalam 'Indonesian Idol'