April 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Partai Buruh Indonesia menentang keputusan pengadilan untuk menunda pemilihan

Partai Buruh Indonesia menentang keputusan pengadilan untuk menunda pemilihan

JAKARTA, 3 Maret (Reuters) – Partai Buruh Indonesia pada Jumat mengatakan anggotanya akan memprotes putusan pengadilan kontroversial pekan ini yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menunda pemilihan presiden dan pemilihan umum 2024.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan pada Kamis bahwa KPU harus menghentikan semua persiapan pemilihan selama lebih dari dua tahun, efektif menunda pemilihan Februari 2024. Keputusan yang menuai kecaman luas itu bermula dari gugatan yang diajukan oleh partai tak dikenal setelah permohonannya untuk mengikuti pemilu tahun lalu ditolak.

KPU mengatakan akan mengajukan banding atas putusan tersebut saat bergerak maju dengan penyelenggaraan pemilu.

Putusan tersebut telah memperbarui perdebatan tentang masa jabatan Presiden Joko Widodo, di mana beberapa tokoh politik senior secara terbuka mendukung gagasan dia tetap menjabat setelah masa jabatan keduanya, yang berakhir tahun depan, sementara yang lain telah memperingatkan bahwa langkah seperti itu akan mundur dua dekade. dari kerja keras. memperjuangkan reformasi demokrasi.

Konstitusi Indonesia mengamanatkan batas dua masa jabatan untuk presiden dan wakil presiden, dan Mahkamah Konstitusi memutuskan pada hari Selasa dalam kasus lain bahwa tidak akan ada perpanjangan lebih lanjut.

Pembaruan Terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

Arya Fernandez, seorang analis politik di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Indonesia, mengatakan bahwa “jika dialog muncul kembali, itu akan menciptakan ketidakpastian seputar pemilu.”

Jokowi yang akrab disapa incumbent ini sebelumnya mengatakan menolak gagasan perpanjangan masa jabatan.

Jaleswari Pramodawardani, seorang pejabat senior di kantor kepala staf Jokowi, pada hari Jumat menyerukan ketenangan, dengan mengatakan bahwa pemerintah “tetap berkomitmen” untuk mengadakan pemilu tepat waktu.

Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia menentang perpanjangan masa jabatan Jokowi.

READ  Tanamera Coffee Indonesia membuka gerai pertamanya di Malaysia

Tidak segera jelas mengapa pengadilan memerintahkan penghentian semua proses pemilihan, yang akan segera mendorong pemilihan presiden dan legislatif baru hingga 2025.

Partai yang berkuasa di Jokowi dan menteri pertahanan negara mengatakan pengadilan negeri tidak memiliki yurisdiksi untuk memutuskan masalah pemilu, menggemakan keprihatinan para ahli hukum.

Pemimpin Partai Buruh Iqbal mengatakan para pekerja akan memprotes putusan pengadilan negeri karena bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi saat ini, yang secara efektif melarang perpanjangan masa jabatan presiden.

“Partai Buruh akan melawan keputusan penundaan pemilu,” katanya. Tidak disebutkan kapan protes akan berlangsung.

Pernyataan Ananda Teresa; Ditulis oleh Stanley Vidianto; Diedit oleh Kanupriya Kapoor

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.