Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

50 jemaah haji Indonesia meninggal selama ritual di Mina

50 jemaah haji Indonesia meninggal selama ritual di Mina

Mina. Setidaknya 50 jemaah haji Indonesia telah meninggal di kota Mina Saudi, tempat mereka menunaikan ibadah haji sejak 28 Juni, kata seorang pejabat Kementerian Agama pada hari Sabtu.

Menurut Tafsin Alfarizi, petugas yang dipercaya menangani pengobatan jemaah haji Indonesia di Mina, kematian tersebut terutama disebabkan oleh serangan jantung, gangguan pernapasan, dan sengatan panas.

Sebagian besar yang tewas adalah orang tua, katanya.

Lakh peziarah dari negara-negara di seluruh dunia telah melempari batu ke tiga pilar yang melambangkan Setan selama ziarah di bawah panas terik di Mina sejak Rabu.

“Secara keseluruhan, selama periode ritual di Mina, 50 jemaah telah meninggal. Serangan jantung telah diidentifikasi sebagai penyebab utama dari sebagian besar kematian,” kata Tafsin.

Jemaah haji beristirahat di dekat kamp mereka di Mina, di mana mereka akan melempari setan secara simbolis pada Jumat, 30 Juni 2023.

Rincian kematian mengungkapkan bahwa 27 orang meninggal di tenda mereka dan 17 meninggal di rumah sakit. Selain itu, empat jemaah haji Indonesia meninggal dunia di Puskesmas Mina dan dua lainnya meninggal dunia dalam perjalanan dari Mustalifa menuju Mina.

Mengungkapkan keprihatinannya, Tafsin meminta calon jemaah haji untuk menilai kesehatannya dengan cermat sebelum memulai ritual yang melelahkan itu. Tingginya jumlah korban di Mina harus menjadi peringatan untuk menghindari partisipasi ketika kondisi kesehatan tidak memungkinkan, menekankan pentingnya memprioritaskan kesejahteraan seseorang.

Tahun ini, Indonesia mengirim 229.000 jemaah haji yang belum pernah terjadi sebelumnya, menandai kuota terbesar negara itu untuk Arab Saudi.

Patut dicatat bahwa tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19, tidak ada satu pun jemaah haji Indonesia yang bisa menunaikan ibadah haji ke Mekkah, sehingga meningkatkan pentingnya haji tahun ini bagi bangsa.

Kuota haji tahunan untuk Indonesia adalah 221.000 jamaah dari 2017 hingga 2019, dibandingkan dengan 168.800 orang pada 2016. Sebaliknya, negara tetangga Malaysia telah mengirim 31.600 jamaah, Kuwait telah menerima kuota 8.000, Bangladesh diberikan 127.000 orang, dan Kyrgyzstan dan Palestina masing-masing diizinkan mengirim 6.000 dan 6.600 jamaah.

READ  Kopi dan Timbits, bukan? Tim Hortons dari Kanada akan datang ke Indonesia pada tahun 2024

Tag: Kata kunci: