Juli 13, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Orang Pertama: Power Ranger Indonesia

Orang Pertama: Power Ranger Indonesia

Taman Nasional Bokani Nani Wardabone melindungi dan memberikan kesempatan bagi PBB. Eka adalah salah satu dari 15 perempuan yang terpilih untuk berpartisipasi dalam inisiatif Perempuan Inspiratif Mitra Polhut (Inspiring Women with Forest Rangers) yang mendukung proyek pembangunan tersebut. Komunitas terdekat.

© Bogani Nani Wardabon National Park Authority/CIWT Project Indonesia

Fadlun Arrayan Bonde (Ega) Free Mp3 Download

“Saya selalu tertarik pada alam dan konservasi. Saya dibesarkan di sebuah desa yang dikelilingi oleh hutan. Kedua kakek saya menginspirasi saya dengan berbagi kearifan lokal dan tradisional mereka dan mendorong saya untuk mengenal hutan dan menanam pohon. Mereka memberi tahu saya tentang kekuatan alam dan menjelaskan bahwa bahasa alam adalah bahasa tertua di bumi, jadi kita harus mendengarkannya.

Agak mistis. Misalnya, menurut cerita, jika Anda melihat banyak semut keluar dari tanah, berarti sebentar lagi akan turun hujan.

Pesan dari kakek saya adalah bahwa kekuatan dan bahasa alam harus dihargai dan dihormati.

‘Hidupku telah berubah’

Sejak sekolah menengah, saya telah aktif dalam gerakan lingkungan dan mempelajari hubungan internasional di universitas agar pikiran saya terbuka terhadap apa yang sedang terjadi di dunia. Saya selalu ingin kembali ke desa asal saya setelah lulus.

Hidup saya berubah pada November 2020 ketika saya bergabung dengan inisiatif pertama di Indonesia.

Kami diberikan pelatihan dasar polisi dan pendidikan keterampilan komunikasi, negosiasi dan kewirausahaan.

Kami juga mengajarkan bagaimana memberdayakan penduduk desa setempat untuk menciptakan mata pencaharian alternatif yang berkelanjutan dan bekerja lebih erat dengan Otoritas Taman Nasional.

Saya belajar apa yang dilakukan penjaga dan menjadi lebih tertarik pada pekerjaan itu. Sekarang saya bangga melayani masyarakat.

READ  Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Golf Piala Ratu Sirikit 2026

Konservasionis komunitas membantu melindungi spesies yang terancam punah. Taman ini adalah rumah bagi lebih dari 100 spesies mamalia, reptil, dan burung.

Dengan bekerja sama dengan jagawana taman nasional, kami berperan dalam mencegah kejahatan, memberantas pasar flora dan fauna ilegal serta perdagangan satwa liar ilegal.

Saya bekerja setidaknya 10 hari dalam sebulan, tetapi sungguh, karena sifat pekerjaannya, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan komitmen atau “membeli” dari komunitas. Bagian dari itu adalah membuat koneksi.

Inspiring Women Partners Polhut Community Ranger Group di Taman Nasional Bogani Nani Wardabone.

© Bogani Nani Wardabon National Park Authority/CIWT Project Indonesia

Inspiring Women Partners Polhut Community Ranger Group di Taman Nasional Bogani Nani Wardabone.

‘Nyonya Keamanan’

Sangat memuaskan mengetahui bahwa upaya kita dapat mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Setiap kali kami memfasilitasi kelompok masyarakat untuk mendapatkan sertifikat, hal itu memungkinkan mereka mengakses pasar yang berkelanjutan untuk produk mereka. Saya pikir saya bisa berbuat lebih banyak untuk alam, tetapi juga meningkatkan diri saya dan komunitas saya untuk peluang yang lebih baik.

Saya terinspirasi untuk berbicara tentang keselamatan dan lebih terlibat dengan komunitas saya. Saya termotivasi untuk berbicara dengan orang-orang. Ini lucu, tetapi orang-orang di desa saya sekarang menganggap saya tidak hanya sebagai Ega, tetapi sebagai “gadis konservasi” atau orang yang harus Anda hubungi jika Anda melihat aktivitas perdagangan ilegal satwa liar yang mencurigakan.

Saya bangga akan hal itu.

Inspirasi lintas generasi

Berbagi pengetahuan tentang satwa liar kepada generasi muda bermanfaat bagi saya. Aspek terpenting dan bermakna dari pekerjaan saya adalah berbagi kesadaran tentang konservasi dan pentingnya satwa liar.

Jika kita berbicara tentang pohon, kita tidak berbicara tentang daunnya, tetapi tentang akarnya.

READ  Banjir dan tanah longsor di Indonesia menyebabkan 10 orang meninggal dan 10 orang hilang

Jika mereka dipersiapkan dengan baik sejak usia dini, mereka akan membawa pengetahuan mereka tentang konservasi dan satwa liar ke masa depan.

Polisi hutan betina bekerja dengan masyarakat setempat untuk membantu mencegah kejahatan terhadap satwa liar di Indonesia.

© National Geographic Indonesia/Eddy Susanto

Polisi hutan betina bekerja dengan masyarakat setempat untuk membantu mencegah kejahatan terhadap satwa liar di Indonesia.

‘Tetap diam tidak akan mengubah apapun’

Bumi kita menua dan kelebihan populasi. Berteriak dengan keras tidak akan membantu, tetapi diam tidak akan mengubah apapun. Wanita dapat mengangkat suara kita dan membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik.

Saya punya pesan bagus untuk remaja putri: Jadilah berani. Jangan takut bekerja demi keselamatan. Karena langkah pertama sangat penting, Anda perlu memotivasi diri sendiri untuk mengambil langkah pertama. Ini tidak menakutkan seperti yang Anda pikirkan. ”

Tingkatkan Rangers

  • Meskipun perempuan memainkan peran penting dalam mengelola sumber daya alam dan terpengaruh secara tidak proporsional oleh hilangnya keanekaragaman hayati, mereka seringkali dikecualikan dari pengambilan keputusan dan peluang kepemimpinan, demikian Program Pembangunan PBB (UNDP) meluncurkan serangkaian proyek inovatif di kawasan Asia-Pasifik untuk mengubahnya.
  • Penjaga hutan wanita juga bekerja untuk melindungi tanah dan meningkatkan komunitas mereka di Cina, India, Vietnam, dan negara lain.
  • Berdasarkan Agenda 2030 untuk Pembangunan BerkelanjutanProyek konservasi ini membantu melawan perubahan iklim, memberdayakan perempuan, dan membantu mengubah komunitas mereka.