Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Menteri Pertahanan Indonesia memperluas keunggulan jajak pendapat menjelang pemilihan presiden

Menteri Pertahanan Indonesia memperluas keunggulan jajak pendapat menjelang pemilihan presiden

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berbicara pada sidang pleno Dialog IISS Shangri-La ke-20 di Singapura pada 3 Juni 2023. REUTERS/Caroline Chia/ File foto Dapatkan hak lisensi

JAKARTA, 4 Oktober (Reuters) – Menteri Pertahanan Indonesia dan mantan komandan pasukan khusus menduduki puncak jajak pendapat yang dirilis pada hari Rabu ketika para kandidat akan mendaftar untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden tahun depan, yang diperkirakan akan berlangsung ketat.

Prabowo Subianto dan Kanjar Pranovo, mantan gubernur Jawa Tengah, mendominasi jajak pendapat sebelum pemilu, tertinggal dari Anis Baswedan, mantan gubernur Jakarta, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dalam perekonomian G20 yang bernilai triliunan dolar.

Lembaga Jajak Pendapat Lembaga Pengawasan Indonesia (LSI) mengatakan jajak pendapat nasional yang dilakukan melalui telepon terhadap 1.206 orang pada bulan September menunjukkan bahwa 34% responden akan memilih Prabowo, dengan margin kesalahan sebesar 2,9%.

Pangsa mereka yang memilih Ganjar dan Anies masing-masing sebesar 30,4% dan 22%, sedangkan 13% menyatakan tidak menjawab atau tidak tahu.

Dalam pemilu dua arah, Prabowo akan memenangkan Kanchar dengan selisih sekitar 11 poin, kata ketua lembaga survei, Djayadi Hanan, pada konferensi pers.

“Prabovo Subianto punya keunggulan 11,3%,” ujarnya. “Itu adalah keuntungan yang sangat signifikan.”

Burhanuddin Muhtadi, seorang analis di lembaga jajak pendapat Indicator Politik Indonesia, mengatakan bahwa pemilih yang masih belum menentukan pilihan atau belum memutuskan jumlahnya sekitar 40%.

Jumlah orang yang belum mengambil keputusan mungkin mencerminkan fakta bahwa belum satupun dari ketiga orang tersebut yang secara resmi mengajukan diri untuk mencalonkan diri, kata Phillips J., seorang analis di Pusat Studi Strategis dan Internasional. kata Vermont.

Ketiganya dan pasangannya diperkirakan akan mendaftar secara resmi mulai 19 hingga 25 Oktober. Hanya Anis satu-satunya yang mengumumkan dirinya sebagai cawapres.

READ  Melakukan operasi vaksinasi DNA di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia

Februari Menurut Komisi Pemilihan Umum, 205 juta pemilih telah mendaftar untuk memilih dalam pemilihan presiden dan dewan yang akan diselenggarakan pada tanggal 14.

Prabowo, 71 tahun, berasal dari keluarga elit Indonesia dan memiliki banyak pengikut, meskipun terdapat tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang tidak terbukti terkait dengan penculikan aktivis demokrasi selama kekacauan ekonomi dan politik pada akhir tahun 1990an.

Dia membantah melakukan kesalahan.

Prabowo, yang gagal berturut-turut menjadi presiden pada tahun 2014 dan 2019, mendapatkan momentum setelah meluncurkan kampanye rebranding yang menjangkau generasi muda melalui kehadiran media sosial yang canggih.

Para analis mengamati dengan cermat siapa yang akan memenangkan dukungan dari petahana yang lebih populer, Joko Widodo, yang akan digulingkan karena masa jabatannya yang terbatas untuk dua kali masa jabatan, yaitu lima tahun.

Jokowi, yang dikenal sebagai presiden, telah menyuarakan dukungannya terhadap Kanjar, sesama anggota Partai Demokrat (PDI-P) yang berkuasa.

Namun ketegangan antara dirinya dan Ketua PTI-P Meghwati Sukarnoputri, serta seringnya ia tampil di depan publik bersama Prabowo, telah membuat para analis berpendapat bahwa ia masih mempertimbangkan pilihannya.

Laporan oleh Stanley Vidianto; Disunting oleh Clarence Fernandez

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru