Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Menteri Pariwisata Indonesia menawarkan investasi di KEK di UEA

Menteri Pariwisata Indonesia menawarkan investasi di KEK di UEA

Jakarta (Antara) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaqa Salahuddin Uno menawarkan investasi di delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kepada Kelompok Pengusaha dan Akademisi UEA untuk Pengembangan Kawasan Ekonomi, Keberlanjutan Bisnis Keluarga, dan Ketua Pendidikan Adil Alzarooni.

UNO menawarkan peluang investasi di KEK sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, antara lain Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Lombok Tengah; Belitung di Tanjung Kelayang, Banga Belitung; Likubang, Minahasa Utara di Sulawesi Utara; Tanjung Lesung, Pandaklong di Pandan; Padam di Nongsa, Kepulauan Riau; Lido, Pokor di Jawa Barat; Singasari, Malang di Jawa Timur; dan Morotai ke Mal Utara.

Investasi juga ditawarkan di lima lokasi super prioritas yakni Borobudur, Danau Toba, Likubang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Dalam pertemuan ini, kami mengusulkan kepada Dr. Adil Alzarooni untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Investment Ready to Offer Project (IPRO) di Aceh dan Bali,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis Kementerian Pariwisata. Ekonomi Kreatif diterima Sabtu di Jakarta.

Tawaran investasi tersebut datang seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asal UEA ke Indonesia. Merujuk data realisasi investasi sektor pariwisata dari Uni Emirat Arab ke Indonesia pada tahun 2023, angkanya mencapai 3,1 juta USD.

Jumlah ini meningkat 429 persen dibandingkan tahun 2022, kata UNO.

“Indonesia tidak hanya membutuhkan investasi, tetapi juga menciptakan lingkungan investasi yang baik, terutama dengan pihak swasta. Oleh karena itu, kami terus mendorong keterlibatan pihak swasta melalui Kerja Sama Pemerintah-Swasta (KPS) dalam percepatan pembangunan,” ujarnya. . .

Menkeu berharap masuknya investor akan mempercepat pertumbuhan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Alsaruni pun menyambut baik tawaran investasi menteri tersebut.

Alsaruni yang memiliki pengalaman lebih dari dua dekade di bidang manajemen administrasi, investasi, penjualan, logistik, keamanan teknologi informasi, dan pengembangan kawasan ekonomi, menyatakan ketertarikannya untuk datang ke Indonesia.

READ  Komentar IMF tentang biaya pinjaman Indonesia

“Tawaran ini sangat menarik dan saya tidak sabar untuk melakukannya,” kata Alzarooni.

Berita terkait: Investasi di KEK tembus Rp167,2 triliun pada 2023
Berita terkait: Dewan KEK menampilkan peluang investasi di Forum Singapura
Berita terkait: Pemerintah dapat membatalkan status KEK untuk kawasan non-esensial setelah penilaian