Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Mempromosikan kekayaan dan keberagaman Indonesia

Mempromosikan kekayaan dan keberagaman Indonesia

JAKARTA – Rencana band Voice of Basebrod (VoB) membawa musik Sunda ke jalinan khas daerah merupakan bentuk diplomasi lembut Indonesia saat tampil di Glastonbury Festival 2024.

Glastonbury Festival 2024 akan berlangsung pada 26-30 Juni di Worthy Farm di Somerset, South West England, Inggris. VoB sendiri akan tampil pada 28 Juni dengan tiga lagu.

Kemunculan VoB di Glastonbury kini dipandang sebagai bentuk diplomasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dalam berbagai bentuk, kata Tesra Berkaya, Duta Besar Indonesia untuk Inggris.

“Dislomasi di era sekarang ini dapat diselenggarakan dengan berbagai unsur dan cara,” kata Dubes Tesra melalui pesan singkat kepada VOI seperti dikutip 22 Juni.

“Kita tentu bisa melihat bahwa kesuksesan VoB di Glastonbury merupakan wujud soft diplomacy Indonesia untuk mempromosikan kekayaan musik Indonesia dan nilai keberagaman Indonesia, tidak hanya kepada masyarakat lokal, namun secara global,” jelas Dubes Tesra.

“Juga momennya adalah saat ini, karena pada tahun ini kita merayakan 75 tahun hubungan bilateral RI dan Inggris,” ujarnya.

Sementara itu, penyanyi sekaligus gitaris VoB Marsya mengatakan bandnya sangat antusias dan bangga menjadi musisi Indonesia pertama yang tampil di festival Glastonbury. Ini adalah penampilan pertama mereka di Inggris.

Sebelumnya, VoB tampil berkeliling 11 kota di Amerika, termasuk beberapa negara Eropa, Singapura, dan Thailand.

“Di Glastonbury, kami berkesempatan tampil di salah satu dari empat panggung utama,” kata Marcia dalam siaran pers online, Jumat.

“Kesempatan ini coba kami manfaatkan untuk mengangkat budaya Indonesia melalui musik dengan banyak memasukkan unsur nada Sunda. Ada lagu yang ada pelajaran bahasa Sunda yang nyambung dengan bahasa Inggris,” jelasnya.

READ  Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Penulis Indonesia ke-112 Sariamin Ismail

Kemudian untuk bajunya kami bekerja sama dengan salah satu desainer kebanggaan Indonesia yang memadukan unsur modern dan unsur budaya, salah satunya adalah ornamen dari banyak kain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ujarnya seraya menambahkan bahwa peta tersebut akan ditampilkan. Indonesia sebagai latar belakang saat tampil nanti.

Glastonbury Festival 2024 akan dipadati musisi ternama dunia antara lain Coldplay, Dua Lipa, Avril Lavigne hingga Anne Marie.

“VoB mereka benar-benar duta besar Indonesia, duta besar Indonesia, tentunya kiprahnya akan mengharumkan nama Indonesia di Inggris,” kata Dubes Tesra.

“Genre metal atau rock, masuk Glastonbury, mereka tiga remaja putri Indonesia dan berhijab, kabarnya Islam akan baik lama-lama, bahkan dengan musik rock ada nilai lebih dari sebelumnya,” jelasnya. duta besar. Pemain saksofon ini adalah seorang master.

Ia menambahkan, KBRI London akan mendukung berbagai kegiatan VoB, serta mempromosikan musik Indonesia.

Tag: suara festival glastonbury kedutaan internasional basebrod inggris