Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemerintahan Prabowo-Gibran di Indonesia diperkirakan akan memperkuat sektor kelapa sawit

Pemerintahan Prabowo-Gibran di Indonesia diperkirakan akan memperkuat sektor kelapa sawit

JAKARTA, 7 Juli (Bernama-Antara) — Pemerintahan mendatang yang dipimpin oleh Prabowo Subianto-Kibran Rakabuming Raka diharapkan dapat memperkuat daya saing produk kelapa sawit sebagai komoditas strategis untuk pasar dalam dan luar negeri, kata pakar tersebut. , Kantor Berita Indonesia (Antara) melaporkan.

Menurut Guru Besar Pokor Universitas Pertanian (IPB) Rachmad Bambudi, kelapa sawit memerlukan kebijakan konservasi dan promosi.

“Karena minyak sawit seringkali mudah berubah, pemerintah mungkin akan memilih kebijakan konservasi. Ada banyak cara untuk melindungi minyak sawit, baik secara aktif maupun pasif,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu.

Konservasi dan promosi kelapa sawit harus didanai dan dikelola secara aktif oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), katanya.

Terkait usulan pembentukan BPDPKS, Bambudi menegaskan harus memiliki dasar data dan argumentasi yang kuat.

Ia mengatakan, pembentukan BPDPKS adalah demi kepentingan bersama para pemangku kepentingan sawit.

“Saya melihat (BPDPKS) merupakan suatu kebutuhan dan bagian dari strategi untuk menghasilkan produk-produk unggul yang berdaya saing,” ujarnya dalam diskusi “Menjaga Keberlanjutan Industri Kelapa Sawit pada Pemerintahan Baru” yang digelar di Jakarta, 4 Juli.

Ia mengatakan, pembentukan badan tersebut harus mempunyai dasar hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada.

Sementara itu, staf komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Fenny Sofyan, mengatakan industri sawit Indonesia sedang menghadapi kampanye citra negatif sawit.

Salah satu cara untuk melawan propaganda negatif adalah dengan mengintensifkan kebijakan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Ia yakin pemerintahan Prabowo-Kibran bisa menjadikan ISPO sebagai satu-satunya sertifikasi yang sah sehingga pasar bisa menerima sepenuhnya produk sawit Indonesia.

“Penerimaan sawit oleh masyarakat harus terjadi, oleh karena itu ISPO menjadi sebuah nilai bagi para pelaku industri. Oleh karena itu, kami berharap pada pemerintahan mendatang, kami akan melakukan advokasi mengenai hal ini,” ujarnya.

READ  Indonesia mencapai 322,6 MW kapasitas tenaga surya pada paruh pertama tahun 2023

–Bernama-Antara


BERNAMA menyediakan berita dan informasi terkini yang otentik dan komprehensif yang disebarluaskan melalui kabel BERNAMA; www.bernama.com; Bernama TV di saluran Astro 502, Unify TV 631 dan MyTV 121 dan Bernama Radio di FM93.9 (Klang Valley), FM107.5 (Johor Bahru), FM107.9 (Kota Kinabalu) dan FM100.9 (Kuching).

Ikuti kami di media sosial:
Facebook: @bernamaofficial, @bernamatv, @pernamaradio
Twitter: @bernama.com, @Bernama TV, @pernamaradio
Instagram: @bernamaofficial, @bernamatvofficial, @bernamaradioofficial
TIK tok: @bernamaofficial