Mei 28, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Memperkuat kolaborasi internasional melalui kemitraan cerdas: UTM VC Asia Tour@Indonesia 3.0

Memperkuat kolaborasi internasional melalui kemitraan cerdas: UTM VC Asia Tour@Indonesia 3.0

Johor melihat, Malaysia, 12 Maret 2023 /PRNewswire/ — Menyadari upaya berkelanjutan untuk keunggulan global, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) mengakui pentingnya aliansi internasional untuk tampil secara internasional secara luas. Untuk mencapai hal ini, kami perlu terus memanfaatkan mitra kuat kami untuk menuai keuntungan karena kami tahu bahwa kami membutuhkan mitra yang kuat untuk mencapai keunggulan bersama secara internasional. Oleh karena itu, Wakil Rektor UTM, Prof Datuk Ir. T.S. Ahmad Bousi Ismail Dan pejabat senior UTM baru-baru ini mengunjungi beberapa universitas di Indonesia di bawah inisiatif “UTM VC Asia Tour 3.0”.


Wakil Rektor UTM dan Rektor UNSRI saat peresmian Pusat Riset UTM-UNSRI

Gagasan UTM tentang kolaborasi internasional mencakup dan melampaui program akademik dan kolaborasi penelitian. Dengan tagline barunya, “Solusi Inovatif”, UTM lebih menekankan pada penyediaan solusi untuk kemajuan komunitas internasional, baik itu masalah lingkungan, pendidikan, atau kesejahteraan masyarakat. UTM diperlengkapi dengan baik untuk berpartisipasi dalam upaya pemecahan masalah global dengan teknisi, ilmuwan, dan insinyurnya sendiri.

Pendirian Laboratorium dan Kantor Satelit Regional UTM

Sejalan dengan itu, University Technology Malaysia (UTM) dan University of Sriwijaya (UNSRI), IndonesiaLaunching Kantor Satelit UNSRI-UTM yang berlokasi di UNSRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Pusat Penelitian UNSRI-UTM ini merupakan pusat penelitian pertama dan kantor satelit kedua yang diluncurkan Indonesia Setelah kantor satelit UTM-Universitas Negeri (UM) Malang berdiri di September 2022. Inisiatif ini akan semakin memperkuat kolaborasi UTM dan UNSRI melalui proyek penelitian dan inovasi yang telah direncanakan sebelumnya, program pertukaran staf dan mahasiswa.

Menurut Wakil Rektor UTM Prof Datuk IR. T.S. dr. Ahmad Bousi Ismail, peresmian kantor ini menunjukkan komitmen penuh untuk keunggulan dan pemberdayaan di kedua universitas. Profesor Fauzi menambahkan, “Ini merupakan ekspresi hubungan global praktis antara UTM dan UNSRI, khususnya di bidang pendidikan dan penelitian, dengan fokus pada pengembangan teknologi, pengembangan bakat, penelitian dan inovasi”.

READ  PM Modi akan mengunjungi Indonesia hari ini: Apa agenda kunjungan 24 jam itu?

Model kolaboratif seperti kantor satelit antar universitas di kedua negara ini diperlukan untuk mengatasi tantangan global. Ini akan merangsang kegiatan penelitian dalam mencari solusi untuk kebutuhan primer dunia seperti energi, teknologi pertanian dan ketahanan pangan. Ini adalah salah satu inisiatif UTM’s enVision Moonshot 2023.

Dampak pada masyarakat dan industri adalah keputusan yang dipikirkan

Rektor UNSRI, Prof. dr. H. Anis Saggaf berkomentar, “Dengan kerjasama antara UTM dan UNSRI, penelitian yang dilakukan akan lebih fokus pada pengembangan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri, sehingga membantu meningkatkan daya saing, sosial ekonomi dan sosial eksistensi”.

Usai peluncuran, Wakil Rektor diundang untuk menyampaikan keynote address tentang ‘Beasiswa Unggul dan Keberlanjutan di Perguruan Tinggi’ bersama jajaran manajemen dan pejabat senior UNSRI. Wakil Rektor (Riset dan Inovasi) dari UTM, Prof. Dr. Roseley MD. Elias; Direktur Kampus UTM Bago, Prof. Dr. Safian Sharif dan Prof.Ira. dr. Mahmood Md. Tahir.

Selain UNSRI, rombongan Wakil Rektor juga mengunjungi Universitas Negeri Makassar (UNM). Prof. Fauzi dan Prof. Dr. Hussain Syam, Rektor UNM, sepakat untuk lebih mempererat kerjasama dengan menandatangani kesepakatan yang rencananya akan ditandatangani. Juli 2023. Kerjasama antara kedua pihak akan mencakup bidang kerjasama penelitian melalui hibah, publikasi, pertukaran mahasiswa dan pembuatan kantor satelit UTM-UNM di Makassar.

Digitalisasi dan program gelar ganda

Delegasi UTM mengakhiri rangkaian kunjungan kerjasamanya di Makassar dengan kunjungan kehormatan ke kantor Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Jamaluddin Zomba. Pertemuan tersebut berdampak positif karena banyak bidang kerja sama antara kedua organisasi telah dilaksanakan. Bidang kerjasama meliputi pertukaran staf dan mahasiswa, penelitian bersama, publikasi terjemahan La Calico, digitalisasi dan program gelar ganda.

READ  Indonesia Finmin Sri Mulyani Peramana C. Salah satu calon bank pekerjaan - sumber

Diharapkan kunjungan ini akan semakin memperkuat aliansi internasional antara UTM dengan mitra strategisnya. Indonesia. UTM berencana untuk melakukan keterlibatan yang lebih strategis untuk membangun dan mengintensifkan kolaborasi internasional guna mencapai keunggulan global, khususnya di bidang teknik, sains, dan teknologi.

Tentang Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

UTM adalah universitas riset berorientasi inovasi terkemuka di bidang teknik, sains, dan teknologi Kuala LumpurJohor Bahru dan Bago, Malaysia. Itu terkenal karena kepemimpinannya dalam bidang teknik dan pengetahuan teknis serta keahlian. UTM beroperasi berdasarkan nilai-nilai inti Integritas, Sinergi, Keunggulan, dan Keberlanjutan. Nilai-nilai ini memandu praktik sosial UTM dan tertanam dalam dorongan strategis yang mengangkat universitas menuju kehebatan. Untuk informasi lebih lanjut tentang UTM, kunjungi utm.my